bdadinfo.com

Jenderal Aktif TNI asal Minang Arkamelvi Karmani Naik Pangkat, Putra Koto Anau Solok yang Karirnya Bersinar di Militer - News

    HARIANHALUAN.COM – Kiprah urang awak kerap diakui di pentas nasional bahkan internasional. Salah satu putra Minang yang  karirnya bersinar di level nasional yaitu Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, yang berasal dari Koto Gadang Koto Anau Solok, Sumatera Barat.   Arkamelvi Karmani resmi naik pangkat

– Kiprah urang awak kerap diakui di pentas nasional bahkan internasional. Salah satu putra Minang yang karirnya bersinar di level nasional yaitu Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, yang berasal dari Koto Gadang Koto Anau Solok, Sumatera Barat.

Arkamelvi Karmani resmi naik pangkat bersama 36 perwira tinggi lainnya di Mabes TNI, Cilangkap, Selasa (5/12/2023).

Pangkat Arkamelvi kini sah menjadi Mayor Jenderal dan resmi menyandang bintang dua setelah prosesi naik pangkat yang dipimpin langsung Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto.

Baca Juga: Pj Wali Kota Padang Panjang dan Forkopimda Besuk Korban Erupsi Gunung Marapi di RSUD

Perjalanan karir Arkamelvi cukup gemilang. Sejak 9 November 2023, pria kelahiran 10 Februari 1967 itu mengemban jabatan sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH. Arkamelvi menggantikan Mayjen Hendrikus yang dimutasi sebagai Staf Khusus Kasad.

Sebelumnya, Arkamelvi Karmani menjabat sebagai Kepala staf Komando Garnisun Tetap (Kaskogartap) I/Jakarta sejak 29 Maret 2023. Posisinya digantikan Kolonel Inf Edi Saputra yang berasal dari Pamen Denmabesad.

Sebelum menjabat Kaskogartap 1 Jakarta, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1989 tersebut pernah menjabat Direktur Latihan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AD (Dirlat Kodiklat TNI AD) pada tahun 2020 sampai 2023.

Baca Juga: Bulan Ini Terakhir! Simak Cara Mudah dan Langkah-langkah Pemadanan NIK Dan NPWP

Usai menjalankan beragam tugas pasca lulus Akmil, Tahun 2011, Arkamelvi ditugaskan sebagai dosen madya di sekolah komando Angkatan Darat (Seskoad). Tahun berikutnya, menjabat sebagai Patun Seskoad.

Hanya berselang setahun, Arkamelvi kemudian menduduki jabatan Pamen Denma Seskoad. Di tahun berikutnya, ia diamanahi sebagai Asisten Operasi (Asops) Kasdam VII/WRB dan berlanjut sebagai Kasrem 072 /PMK DAM IV/DIP di tahun 2015.

Sedangkan di tahun 2016 sampai 2017, dia menduduki jabatan Pamen Denma Mabesad (Staf khusus Kasad). Kemudian masih di tahun 2016, Arkamelvi bergeser posisi sebagai Komandan Resor Militer (Danrem) 142/ Tatag Dam VII/ WRB.

Di tahun 2017, menjabat Koordinator Auditor di Inspektorat TNI. Selanjutnya, Arkamelvi mengemban amanah sebagai Dirlat Kodiklat TNI AD dari 2020 sampai 2023. Kemudian berlanjut menjadi Kaskogartap I Jakarta dan kini mengemban jabatan sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH.

Perjalanan karir Mayjen TNI Arkamelvi Karmani di militer menyimpan beragam cerita dan kenangan. Kendati saat ini sudah menyandang pangkat bintang dua TNI, Kepeduliannya terhadap kampung halaman tetap tidak pudar.

Sejak lama, Arkamelvi Karmani melakukan pembinaan terhadap generasi muda. Salah satunya yang bergerak di bidang usaha dan ekonomi serta sosial yang dimotori anak-anak muda dari Koto Anau Solok.

Arkamelvi merupakan pembina Yayasan Dimensi Untuk Indonesia (YDUI) yang digerakkan oleh Menhefari dan kawan-kawan. YDUI merupakan sebuah organisasi nirlaba komunitas Digital Marketing Enthusiast Indonesia (DIMENSI).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat