bdadinfo.com

Wow! 2 Proyek Tol di Kediri yang Diproyeksikan untuk Dukung Operasional Bandara Dhoho Kediri, Salah Satunya Baru Lelang Tender - News

Proyek Tol untuk menunjang pengoperasian bandara Dhoho Kediri  (Bkip Kemenhub dan Pexels)

Bandara Internasional Dhoho Kediri atau Bandara Gudang Garam direncanakan siap beroperasi pada akhir bulan Januari atau awal Februari 2024.

Beberapa pengujian serta proyek tengah dikerjakan untuk menunjang pengoperasian bandara Dhoho Kediri, salah satunya adalah proyek tol sebagai jalan utama kelancaran mobilitas penumpang.

Ada dua proyek tol yang diproyeksikan untuk pengoperasian bandara Dhoho Kediri, yaitu Tol Kertosono - Kediri dan Tol Kediri - Tulungagung.

Baca Juga: Cegah Stunting, PLN Persero UID Sumbar Salurkan CSR di Solsel

Adapun pembangunan dua tol ini merupakan proyek startegis nasional sesuai dan telah diatur dalam Perpres No 80 tahun 2019.

Isinya mengenai arahan Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Berikut ini beberapa informasi yang berhasil dirangkum mengenai Tol Kertasono - Kediri dan Kediri - Tulungagung yang dibangun untuk menunjang percepatan transportasi di wilayah Bandara Dhoho Kediri.

Baca Juga: Manchester United Tersingkir dari Liga Champions, Erik Ten Hag: Seharusnya Kami Bisa Lebih Baik

1. Tol Kertosono - Kediri

Jalan Tol Kertosono-Kediri direncanakan sebagai penghubung Jalan Tol Ngawi-Kertosono, Jalan Tol Kertosono-Mojokerto, dan jalan utama menuju Bandara Dhoho Kediri.

Adapun status pembangunan jalan tol ini sedang dalam tahap pembebasan lahan yang sudah hampir selesai.

Baca Juga: Tak Ingin Disebut Primitif! Wakil Gubernur Sumbar dengan Keringat dan Sekuat Tenaga Mengejar Titik Akhir Proyek Jalan Tol Padang Sicincin Tuntas

Melansir Pemerintah Daerah Kediri, pembebasan lahan hanya kurang dua persen dan telah mengantongi persetujuan dari pihak-pihak pembebasan lahan tersebut.

Dikutip dari laman Tender Indonesia, pembangunan Tol Kertosono - Kediri dilakukan oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat