bdadinfo.com

Catat! Mulai Hari Ini Tidak Bisa Lalui Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar, Padahal Sempat Dilalui Puluhan Ribu Kendaraan saat Libur Nataru 2024 - News

Mulai hari ini, Jalan Tol Fungsional Bangkinang-Koto Kampar  (Instagram @hktolindonesia)

– Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sempat digunakan masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Dibuka fungsional pada 24 Desember 2023, Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer memiliki pemandangan alam nan indah.

Merupakan bagian dari jalan tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) juga memiliki jembatan layang yang berdiri di atas lembah.

Jembatan tersebut dibangun menggunakan metode unibridge dengan ketinggan berkisar 20-30 meter. Sementara panjangnya mencapai 60 meter.

Baca Juga: Bukannya Menerobos Bukit seperti di Sumbar, Tol Riau Ini Justru Menembus Kawasan Hutan untuk Pembangunannya

Tidak hanya satu, sebanyak tiga jembatan dengan metode unibridge akan dibangun di Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar.

Selama beroperasi fungsional di Libur Nataru 2024, antusiasme masyarakat yang menggunakan jalan tol tersebut tampak dengan puluhan ribu kendaraan yang melintasinya.

Tercatat, sebanyak 10.918 kendaraan melintasi Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sejak dioperasikan fungsional dari 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Selama itu pula, tidak ada keluhan kepadatan maupun kecelakaan, termasuk kecelakaan fatal.

Setelah dioperasikan fungsional selama sembilan hari, Hutama Karya mengumumkan Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar ditutup hari ini, Rabu, 3 Januari 2024 pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Telah Beroperasi Seusia Cristiano Ronaldo, Ini 3 Jalan Tol Tertua di Trans Jawa yang Masih bisa Digeber hingga Kini

“Setelah lebih dari sepekan beroperasi, Tol Bangkinang - Koto Kampar kembali ditutup nih. Doakan ya agar jalan tol ini dapat segera dioperasikan dalam waktu dekat,” tulis akun Instagram @hktolindonesia yang dikutip pada Rabu, 3 Desember 2024.

Adapun sepanjang libur Nataru 2024, sebanyak tujuh ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) bertarif yang dioperasikan oleh Hutama Karya. Rinciannya adalah sebagai berikut.

1. Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung (189 Km).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat