bdadinfo.com

Diluar Nalar Manusia! Bus Listrik Gratis yang Dilaunching Menantu Kesayangan Jokowi Diserbu Warga di Medan, Inilah Jadwal dan Rutenya - News

Wali Kota Medan Bobby Nasution membuka uji coba bus listrik di Medan Pada hari Kamis, 4 Januari 2024 kemarin. Acara tersebut berlangsung di Komplek Johor City, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor.

- Pasca Pemerintah Kota Medan menggelar launching bus listrik gratis Pada hari Kamis, 4 Januari 2024 kemarin. Acara tersebut berlangsung di Komplek Johor City, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor.

Diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution membuka uji coba bus listrik di Medan di mana Launching bus listrik ini dihadiri oleh Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., Dandimtabes Medan Kolonel Ifantri Feri Muzawad, Mse, Msi, Kapolrestabes Medan diwakili Oleh Waka Polrestabes Medan AKBP A.A. Rangkuti, SIK, Dir. PT. Halista Albert Aulia, Dir. Angkutan dan Jalan Suharto (dari Kemenhub), Andry Febrian syah SSPTP. M.Ap (Camat Medan Johor), Ustad Zulkifli Spdi, Kompol Aris ,SH ( mewakili Dir. Humas Polda Sumut), Para Asisten dan di pemerintahan Kota Medan, serta tamu dan undangan yang diperkirakan 300 orang.

Acara launching bus listrik ini berlangsung dengan lancar dan aman. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh protokol, dilanjutkan dengan pembacaan doa, kata sambutan dari Kadis Perhub. Kota Medan, Dir. PT. Halista, Dir. Angkutan dan Jalan Kementrihub, dan Walikota Medan.

Baca Juga: Kesaksian Penumpang KA Turangga Pasca Insiden Tabrakan, Dorong Koper ke Stasiun Hingga Tak Ada Bus Evakuasi

Pada akhir acara, Walikota Medan melepas bus listrik secara simbolis. Bus listrik ini akan beroperasi di rute Terminal Amplas – Stasiun Kereta Api Medan.

Launching bus listrik ini merupakan upaya Pemerintah Kota Medan untuk mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas transportasi publik di Kota Medan. Bus listrik ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi yang nyaman dan terjangkau bagi masyarakat Kota Medan.

Jadwal Keberangkatan
• Rit 1: 06.30 WIB, 06.45 WIB, 07.00 WIB, 07.15 WIB, 07.30 WIB
• Rit 2: 09.15 WIB, 09.45 WIB, 10.15 WIB, 10.45 WIB, 11.15 WIB
• Rit 3: 12.00 WIB, 12.15 WIB, 12.30 WIB, 12.45 WIB, 13.00 WIB
• Rit 4: 14.30 WIB, 15.00 WIB, 15.30 WIB, 16.00 WIB, 16.30 WIB
• Rit 5: 17.30 WIB, 17.45 WIB, 18.00 WIB, 18.15 WIB, 18.30 WIB

Baca Juga: Asik! Tol Fungsional Solo-Jogja Resmi Dibuka saat Nataru 2024, Khusus Roda 4 Golongan I Non Bus dan Non Truk

Rute
Mulai dari J City-Jalan Karya Wisata-Jalan AH Nasution-Simpang Pos-Jalan Jamin Ginting-Jalan Pattimura-Jalan Sudirman-Jalan Diponegoro-Jalan Pengadilan-Jalan Maulana Lubis-Kantor Wali Kota-Jalan Raden Saleh-Jalan Balai Kota-Jalan Guru Patimpus- Jalan Gatot Subroto-Jalan Iskandar Muda-Simpang Jalan Wahid Hasyim-Jalan Jamin Ginting-Simpang Pos-Jalan AH Nasution-Jalan Karya Wisata-J City.

Bobby Nasution mengatakan keunggulanya pertama untuk masyarakat dimulai hari ini gratis, yang kedua untuk lingkungan ini bus listrik tentu emisinya tentunya rendah sekali, ini tidak menggunakan bensin jadi full listrik.

Selain itu, dari segi anggaran juga ada penghematan karena pengadaan bus dilakukan oleh perusahaan swasta. Pemkot Medan hanya menyediakan halte dan tempat berhenti bus.

"Ketiga ini keunggulannya kita tidak menggunakan APBD ini kolaborasi dengan PT Kalista dengan J city, kita pakai APBD untuk halte tapi untuk kendaraan nya tidak menggunakan APBD," jelasnya.

Sejauh ini ada empat bus yang sudah tiba dan beroperasi selama uji coba di satu koridor. Direncanakan akan ada sekitar 500 unit bus dengan 17 koridor hingga 2025.

Para penumpang nantinya akan memiliki 2 pilihan di dalam bus, berdiri dan duduk. Bus nantinya akan berhenti selama 15 detik di setiap pemberhentian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat