bdadinfo.com

Kepala Otorita IKN dan Presiden NIU Sepakat Kolaborasi untuk Pengembangan Pendidikan dan Riset di Nusantara - News

Kepala Otorita IKN dan Presiden NIU Sepakat Kolaborasi untuk Pengembangan Pendidikan dan Riset di Nusantara/Capsource

- Pada tanggal 9 Januari 2024, terjadi kolaborasi menarik di bidang pendidikan antara Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, dan Presiden Northern Illinois University (NIU), Dr. Lisa C Freeman.

Diskusi ini berlangsung di kantor Otorita IKN Jakarta, di mana Dr. Lisa C menyampaikan niat kuat NIU untuk turut berkontribusi dalam pembangunan IKN melalui penyediaan pendidikan berkualitas internasional.

Northern Illinois University, dengan keahlian di bidang administrasi publik, ilmu politik, ilmu komputer, dan keberlanjutan, melihat potensi besar dalam memenuhi kebutuhan pendidikan di Nusantara.

Baca Juga: Yuk Intip The Hutton-Mdivani yang Dikenal Sebagai Kalung Batu Giok Termahal di Dunia

Seperti dikutip dari YouTube Lensa Nusantara, Dr. Freeman menyatakan bahwa NIU, dengan keahliannya yang unik, memberikan peluang dan kesesuaian dalam memenuhi kebutuhan pendidikan di IKN.

Dr. Freeman juga menjelaskan rencana ambisius NIU untuk membangun fasilitas pendidikan dan mendirikan program pascasarjana di Nusantara.

Hal ini dijelaskan oleh Dean Robert Brinkman, dekan College of Liberal Arts and Sciences NIU, sebagai kontribusi yang tidak hanya bermanfaat bagi pembangunan Nusantara sebagai kota modern dan berkelanjutan.

Tetapi, juga sebagai pembelajaran internasional dari proses pembangunan di IKN.

Baca Juga: Perlu di Simak Nih! 5 Destinasi Wisata Keren di Sumatera Barat untuk Penikmat Gowes

Pembangunan Nusantara sebagai "sustainable forest city" dianggap sebagai living lab bagi dunia, kata Bambang Susantono.

Hal ini dijelaskan sebagai bagian dari eksperimen Indonesia yang sejalan dengan kampanye global dalam Sustainable Development Goals, perubahan iklim, dan biodiversitas.

Menariknya, Niu telah memiliki kedekatan dengan wilayah Asia Tenggara sejak didirikan Center for Southeast Asian Studies pada tahun 1963.

Dr. Rich Jones, Executive Director for Global Initiatives NIU, menjelaskan bahwa banyak alumni NIU yang telah menjadi figur berpengaruh di Indonesia.

Baca Juga: Perlu di Simak Nih! 5 Destinasi Wisata Keren di Sumatera Barat untuk Penikmat Gowes

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat