bdadinfo.com

Wow! 20 Tahun Jalan di Sumatera Utara Ini Hancur Parah Susahkan Masyarakat, Jokowi Datang Semua Langsung Jadi Mulus - News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau jalan yang sudah rusak selama 20 tahun di Provinsi Sumatera Utara (BPMI Setpres/Laily Rachev)

- Sebuah kabar menarik hadir dari Provinsi Sumatera Utara terkait pembangunan infrastruktur jalan hubung.

Diketahui sebelumnya terdapat sebuah jalan hubung di Provinsi Sumatera Utara yang disebutkan telah mengalami kerusakan selama kurang lebih 20 tahun lamanya.

Adapun jalan hubung tersebut kemudian mendapatkan perhatian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala Negara langsung meninjaunya secara langsung di sela-sela kegiatannya di Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: Sumatera Barat dalam Keadaan Darurat! Nasib Proyek Jalan Tol PSN Dipertanyakan, Antara Lanjut atau Tersingkir di Tahun 2024

Adapun jalan hubung tersebut adalah Jalan Gunting Saga sepanjang 5 km di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Usai peninjauan secara langsung oleh Presiden Jokowi tersebut, Kepala Negara kemudian menginstruksikan untuk dilakukannya perbaikan jalan.

Jalan Gunting Saga tersebut lantas ditangani melalui program Instruksi Presiden Inpres nomor 3 tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah. 

Baca Juga: 5 Provinsi di Sumatera yang Jadi Idola Turis Asing, Sumatera Barat Nomor 3 Kalah dari yang Pertama Karena punya Wisata Mewah  

Lebih lanjut, Jalan Gunting Saga ini umumnya digunakan oleh masyarakat sebagai jalan utama yang menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Jalan Gunting Saga ini juga menjadi jalan untuk perpindahan hasil perkebunan milik warga, akses anak-anak menuju sekolahnya dan sejumlah kegiatan lainnya. 

Melansir dari kanal YouTube Infrastruktur Indonesia, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan wilayah 1 Provinsi Sumatera Utara, Dicky Erlangga mengatakan, progres paket pekerjaan senilai Rp45,56 miliar ini sudah sangat baik yaitu di angka 90 persen.

Baca Juga: Malangnya Nasib Sumatera Barat, Punya Jalan Nasional Sudah Sering Macet Ehh Kena Longsor: Bangun Tol pun Sulitnya Minta Ampun!

Dikatakannya, Jalan gunting Saga tersebut memang kondisinya sudah hancur rusak parah bahkan kendaraan sepeda motor pun tidak bisa lewat apalagi kendaraan roda empat. 

Jalan Gunting Saga Teluk Binjai ini kemudian diperbaiki dengan panjang efektifnya 5 km dengan lebar badan jalan mencapai 5,5 meter kemudian bahu jalannya ada 50 cm di sisi kiri dan kanan sehingga totalnya ada 6,5 m.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat