bdadinfo.com

Pakai Dana Pinjaman Asing 23 T, JTTS Ruas Tol Jambi – Rengat Segera Dibangun Tahun Ini. Lewat Kecamatan Mana Saja? - News

Pakai Dana Pinjaman Asing 23 T, JTTS Ruas Tol Jambi – Rengat Segera Dibangun Tahun Ini. Lewat Kecamatan Mana Saja?/App.leonardo

Jalan tol Jambi - Rengat, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), direncanakan melintasi lima kecamatan dan enam belas desa di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sebagai mega proyek yang tetap dijalankan oleh pemerintah pusat, proyek ini mencerminkan tekad untuk memastikan konektivitas yang kuat antar provinsi di Sumatera.

Ruas tol Jambi - Rengat membentang sepanjang 190 km dan melintasi sekitar 5 kecamatan. Kelima kecamatan tersebut mencakup Muara Papalik, Tebing Tinggi, Tungkal Ulu, Batang Asam, dan Senyerang, dengan rencana exit tol di Desa Dusun Mudo Merlung.

Baca Juga: Prabowo Subianto Memuji Jokowi dan Megawati, Bersiap Melanjutkan Program Pembangunan

Biaya total proyek sebesar Rp58,6 triliun memerlukan pendanaan yang signifikan. Skema pendanaan mengalami perubahan, dengan proyek ini sekarang dibiayai oleh dana pinjaman senilai Rp23 triliun dari Asian Infrastructure Investment Bank.

Dengan adanya jalan tol ini, diharapkan penduduk dari kelima kecamatan tersebut dapat merasakan peningkatan kesejahteraan.

Proyek Jambi-Rengat ini memiliki total panjang 198 km, dengan mayoritas, yaitu 116,5 km, berada di Provinsi Jambi, sedangkan sisanya terletak di wilayah Riau.

Baca Juga: Uji Kompetensi Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh Internal dan Eksternal, Kunci Jawaban Biologi Kelas 11 Halaman 161-164 Kurikulum Merdeka

"Jalan Tol Jambi-Rengat diharapkan memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan konektivitas dan pengembangan wilayah di kedua provinsi," ungkapnya.

Dalam perjalanannya menuju Jambi - Rengat, proyek ini akan melintasi Kecamatan Muara Papalik, Tebing Tinggi, Tungkal Ulu, Batang Asam, dan Senyerang, mencakup sekitar 79,6 km di wilayah ini.

Sebanyak 16 desa akan menjadi saksi dari pembangunan tol ini, termasuk Desa Dusun Mudo yang menjadi lokasi exit tol, dan Kecamatan Tungkal Ulu yang direncanakan sebagai lokasi rest area.

Selain memberikan dampak yang signifikan terhadap konektivitas, proyek ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi dan mobilitas masyarakat di wilayah tersebut.

Baca Juga: Berkat Kerja Keras Gubernur Sumbar Membangun Infrastruktur Akhirnya Berbuah Manis, Jalan Tol Padang Sejengkal Lagi Menembus Aspal Tol Provinsi Riau

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi, Ibnu Kurniawan, mengungkapkan bahwa rencana pembangunan jalan tol Jambi dari Tempino-Simpang Ness-Merlung hingga batas Rengat, Provinsi Riau, akan dimulai pada tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat