bdadinfo.com

Presiden Jokowi Turut Berduka Atas Wafatnya Atlet Angkat Besi Berprestasi Raema Lisa Rumbewas - News

Atlet Angkat Besi Lisa Rumbewas meninggal dunia

- Lifter angkat besi putri berprestasi asal Papua, Raema Lisa Rumbewas, yang telah meraih tiga medali Olimpiade, meninggal dunia pada hari Minggu, 14 Januari 2024. 

Berita duka ini menyebabkan duka yang mendalam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Pemerintah Provinsi Papua.

Presiden Jokowi menyampaikan duka citanya atas kepergian Raema Lisa Rumbewas, mengingatkan bahwa Indonesia telah kehilangan salah satu putri terbaik bangsa. 

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api Pandalungan Anjlok Keluar Rel di Stasiun Tanggulangin, Begini Kata KAI

Jokowi mengenang Lisa sebagai seorang insan olahraga yang tanpa henti berkomitmen dan berhasil mengukir sejarah untuk negeri ini. 

Dia juga mengingat momen saat Lisa mengharumkan nama Indonesia di sejumlah kejuaraan dengan meraih prestasi membanggakan.

"Indonesia kehilangan salah satu putri terbaik bangsa. Insan olahraga yang tanpa henti berkomitmen dan mengukir sejarah untuk negeri ini," tulis Jokowi dalam unggahan di akun Instagram-nya pada Minggu, 14 Januari 2024.

Prestasi gemilang Raema Lisa Rumbewas termasuk peraih medali di tiga Olimpiade berbeda, yaitu perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta perunggu di Olimpiade Beijing 2008. 

Baca Juga: Selamat Jalan, Lisa Rumbewas! Legenda Lifter Indonesia Asal Papua Tutup Usia

Selain prestasi di kontestasi sekaliber olimpiade, Lisa juga menorehkan pencapaian luar biasa di dunia angkat besi, termasuk perak di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 dan perunggu di Asian Games 2002.

"Saya berdoa agar mendiang Lisa mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Doa juga untuk kekuatan dan ketabahan keluarga yang ditinggalkan. Semoga jasanya sebagai Pahlawan Olahraga selalu dikenang dan menginspirasi para atlet Indonesia," lanjut Jokowi dalam unggahannya tersebut.

Lisa Rumbewas juga mencatatkan prestasi di tingkat regional dengan meraih perunggu di SEA Games 2003, perak di SEA Games 2005, dan emas di SEA Games 2009. 

Baca Juga: Jelang Match Manchester United Vs Tottenham, Ten Hag: Kami Harus Pragmatis

Dengan kepulangannya, Indonesia kehilangan salah satu tokoh olahraga yang berdedikasi dan inspiratif.

Profil singkat Lisa Rumbewas, ia adalah wanita Papua yang lahir pada 10 September 1980 di Biak, Papua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat