bdadinfo.com

Riau Gak Ada Habisnya! Maret 2024 Segera Dibangun Jembatan Terpanjang demi Penuhi Kebutuhan 80.000 Sambungan Rumah di Indonesia, Berapa Hektare? - News

Riau akan lakukan pembangunan jembatan (pu.go.id)

 

- Provinsi Riau sedang gencar-gencarnya dalam mengerjakan pembangunan, salah satunya proyek yang terbaru dan terpanjang saat ini adalah Jembatan Embung Sungai Sungsang sekaligus Intake Air di Desa Suram Tapung Hulu.

Diketahui Kementerian PUPR masih terus melanjutkan pembangunan infrastruktur bidang Sumber Daya Air (SDA) dengan melalui peningkatan kapasitas tampung.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III, Syahril menyatakan bahwa proyek pembangunan jembatan dan saluran air di Embung Sungai Sungsang yang akan dimulai pada Maret 2024 ini.

Menurut keterangan dari Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III menjelaskan apabila sudah menyelesaikan pembangunan Embung Sungai Sungsang pada tahun 2019 silam.

Baca Juga: Krisis Maritim Laut Merah: Buntut Kapal Yunani Diserang, AS Serang Rudal Anti-Kapal Houthi, Dampak Serangan Houthi di Sektor Global

Oleh karena itu, proyek pembangunan ini diwujudkan secara bertahap dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Namun pada tahun 2018, PUPR menggelontorkan duit sebesar Rp3 miliar, dengan kontraktor PT. Pedro Rokan kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 2019 senilai Rp14,2 miliar dengan kontraktor PT. Fera Yanesha Ramadhan.

Adapun Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa penyediaan prasarana dan sarana air seperti bendungan dan embung yang digunakan untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan.

Menurut pengertian embung itu sendiri merupakan salah satu teknik permanen air yang sangat sesuai di daerah yang terus mengalami kekeringan sebagaimana dikutip dari mediacenter.riau.go.id.

Baca Juga: Yuk Lihat! Menelusuri 8 Gedung Tertinggi di Kota Padang yang Menawarkan Keindahan dari Hotel Mewah hingga Pustaka Kampus

"Sedangkan, untuk intake air baku di Desa Suram Kecamatan Tapung Hulu sudah selesai proses pembangunan sambungan ke rumah. Setelah tuntas, nantinya proyek ini akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar," ujar Syahril pada Selasa 16 Januari 2024.

Selain itu, Pj Bupati Kampar Hambali menyatakan ucapan terima kasih kepada BWS Sumatera III yang sudah menyelesaikan intake air baku.

Kemudian proyek pembangunan Embung ini berdiri di atas luas lahan 25 hektar dengan luas genangan mencapai 5,5 hektar yang memiliki kapasitas tampung sebesar 123.750 meter kubik.

Baca Juga: Muncul Spesifikasi dari Smartphone Realme 12 Pro Plus yang akan Dirilis, Begini Detailnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat