bdadinfo.com

Ribuan Penduduk di Pesisir Selatan Masih Berstatus Miskin Ekstrem - News

Ribuan Penduduk di Pesisir Selatan Masih Berstatus Miskin Ekstrem (Kominfo Pesisir Selatan)

 

PESISIR SELATAN, - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) meminta seluruh OPD berperan aktif untuk mengintervensi angka penduduk miskin ekstrem di daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pessel, Mawardi Roska, setidaknya berdasarkan data terakhir pada 2023 tercatat sebanyak 2.170 orang berstatus penduduk miskin ekstrem.

Ia mengatakan, dalam menyikapi itu, Pemkab perlu melakukan intervensi secara total, sehingga di penghujung 2024 bisa teratasi.

“Ada beberapa pendekatan, bahkan yang paling segera adalah membangun kepedulian ASN,” ungkapnya, Senin 22 Januari 2024.

Baca Juga: Kabar Baik! Jalan Menuju Dermaga TPI Carocok Tarusan Diperbaiki Tahun Ini

Ia menjelaskan, ASN bisa bersinergi melalui OPD menekan jumlah kemiskinan tersebut dengan jumlah ASN hampir 7.365 dengan PNS 5.660 dan 1.705 PPPK.

“Simulasinya jika 1 orang penduduk miskin dikelilingi 5 orang ASN bisa diatasi jika kita betul-betul melakukan,” jelasnya.

Terpisah Kepala Bapedalitbang Hadi Susilo mengungkapkan, jumlah penduduk miskin ekstrim tersebut ditetapkan dengan keputusan bupati.

Hal itu diputuskan berpedoman dengan indikator-indikator yang telah ditentukan.

“Diantaranya, kondisi kebutuhan dasar yang belum terpenuh, rumah yang layak, jamban, pendidikan dan sebagainya,” terangnya.

Baca Juga: Soal Penilaian Sumatif Akhir Semester 2 Bagian B, Kunci Jawaban LKS Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 59 Kurikulum Merdeka

Lanjutnya, secara persentase angka penduduk miskin ekstrim Pessel 2023 pada angka 0,42 persen jauh dibawah rata-rata nasional 1,12 persen. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat