bdadinfo.com

Kemenparekraf dan Bizhare Sinergi Pendanaan Ekspansi Bobocabin Capai Rp6,5 Miliar - News

Kemenparekraf dan Bizhare Sinergi Pendanaan Ekspansi Bobocabin Capai Rp6,5 Miliar (api2.kemenparekraf.go.id)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah menjalin kerjasama dengan Bizhare dalam meluncurkan fasilitasi akses pendanaan kepada Bobocabin, suatu usaha yang sedang melakukan ekspansi di Desa Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

 Kolaborasi ini bertujuan mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia, dengan mencapai total pendanaan lebih dari Rp 6,5 Miliar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan berita ini dalam program ‘The Weekly Brief With Sandi Uno’ pada Senin 5 Februari 2024.

Baca Juga: Kemenpar  Susun Rencana Pengembangan KEK Bukik Ameh KWT Mandeh

Pendanaan ini difasilitasi melalui securities crowdfunding atau urun dana, yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat sebagai investor.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa ini adalah penggunaan pertama kali securities crowdfunding dalam fasilitas pariwisata, dan hal ini diwujudkan melalui kolaborasi Bizhare dan Bobocabin.

"Ini merupakan pendanaan securities crowdfunding pertama yang kini diperkenalkan dan diwujudkan oleh Bizhare dan Bobocabin untuk mendukung fasilitas pariwisata." kata Menparekraf Sandiaga dikutip dari laman Kemenparekraf.

Baca Juga: Bangun Desa Wisata, Indohomestay Kerjasam Dengan Kemenpar dan BRI

Lebih dari 190 investor telah melakukan pre-order pendanaan untuk Bobocabin Dieng Wonosobo, dengan total lebih dari 23.000 lembar saham atau setara dengan lebih dari Rp 1 miliar, dan jumlah ini diproyeksikan akan terus bertambah.

Dalam konteks ini, Sandiaga menyampaikan harapannya terhadap terobosan-terobosan investasi di sektor pariwisata kedepannya.

Ia menggarisbawahi pentingnya inovasi-inovasi dalam investasi yang dapat mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia.

Pendekatan baru ini diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk terlibat dalam investasi proyek-proyek pariwisata.

Heinrich Vincent, Founder dan CEO Bizhare, menjelaskan bahwa masyarakat dapat berkontribusi sebagai pemilik usaha di sektor pariwisata, khususnya Bobocabin, melalui platform investasi Securities Crowdfunding Bizhare yang telah berizin oleh OJK.

Skema kepemilikan saham ini diharapkan tidak hanya memberikan peluang investasi, tetapi juga menciptakan efek crowd marketing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat