bdadinfo.com

Didukung oleh Kemendagri RI! Papua Tengah Sah Lahirkan 3 Calon Provinsi Baru, Disini Letaknya... - News

Pemekaran Papua Tengah sah lahirkan 3 calon provinsi baru (pexels)

- Pemekaran di berbagai wilayah masih terus berlangsung hingga tahun 2024 telah tiba dan Kemendagri telah mendukung keputusan dari Indonesia.

Papua Tengah merupakan sebuah provinsi di Indonesia bagian timur yang sudah melakukan pemekaran dari provinsi Papua pada tahun 2022.

Diketahui, Presiden Jokowi telah mengesahkan UU Nomor 15 Tahun 2022 terkait Pembentukan Provinsi Papua Tengah sebagai dasar pembentukan provinsi tersebut pada 29 Juli 2022.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan 8 Jalan Tol di Ruas Koridor Utama JTTS Ini Bakal Beroperasi Tahun 2024, Tol di Kotamu Masuk Daftar? 

Ibu kota provinsi yang terletak di Kabupaten Nabire dan di pertengahan tahun 2023, jumlah penduduk Papua Tengah sebanyak 1.351.659 jiwa.

Berdasarkan data resmi dari laman Papua Tengah, menyatakan bahwa telah dimekarkan dengan dua provinsi termasuk Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Papua Pegunungan dan Papua Selatan diresmikan pemekaran pada 30 Juni 2022 berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022.

Baca Juga: JTTS Laris Manis! Baru Dibuka Sejak November 2023, Jalan Tol di Sumatera Utara ini Sudah Mau Dilewati 1 Juta Kendaraan: Idola Baru Warga Sumut

Kabupaten Nabire di bagian utara Papua Tengah ialah dataran rendah yang berbatasan dengan Taman Nasional Teluk Cenderawasih memiliki potensi Terumbu karang.

Adapun Provinsi Papua Tengah memiliki 8 kabupaten dan tidak memiliki kota dengan ibukota terletak di Nabire sebagaimana dikutip dari p2k.stekom.ac.id.

Sebelumnya telah memiliki 8 Kabupaten di Provinsi Papua Tengah yakni Kabupaten Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Mimika dan Puncak, Dogiyai, Intan Jaya serta Deiyai.

Baca Juga: Wawako Padang Ekos Albar Motivasi ASN 3 OPD di Komplek Perkantoran SMAN 1 Lama

Dahulu, upaya untuk memekarkan Provinsi Papua dikenal dengan nama Provinsi Irian Jaya dilaksanakan sejak masa pemerintahan Gubernur Busiri Suryowinoto.

Provinsi Papua Tengah yang memiliki luas 312.224,37km persegi dari total luas pulau 421.981km persegi dan berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat