bdadinfo.com

Tidak Hanya Jembatan Baru, Sumatera Selatan Segera Bangun Jalan Tol Terpanjang Hubungkan Bengkulu Senilai Rp24,11 T, Warga Harap Sabar - News

Jalan Tol Muara Enim, Sumsel (Eky Irdean )

- Mega proyek strategis nasional memang belum sepenuhnya rampung, beroperasi dan ada yang baru akan dimulai sejak tahun 2023 

Rencana pembangunan yang baru akan dilanjutkan kembali pada tahun 2024 ini dinamakan "Jalan Tol Muara Enim" sepanjang 64,5km.  

Diketahui bahwa pembangunan Jalan Tol Muara Enim ini memiliki 2 segmen diantaranya Segmen 1 ruas Simpang Indralaya - Prabumulih sepanjang 65km dan Segmen 2 Prabumulih  - Muara Enim sepanjang 54km. 

Baca Juga: Fantastis! Habiskan Dana 5 Triliun, Jalan Tol Sepanjang 119 Km di Sumatera Selatan Kini Jadi Idola dan Ramai Dilalui Pengemudi

Hadirnya Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim untuk memberikan dukungan dalam pengembangan perekonomian masyarakat dan memberi dukungan dalam kelancaran berkendara di wilayah Sumatera Selatan.

Kendati Segmen 1 ruas Simpang Inndralaya hingga Prabumulih progresnya sudah mencapai 79,79 persen yang telah selesai konstruksi pada Desember 2022 dan telah memasuki tahap ULF (Uji Laik Fungsi).

Sedangkan, dilanjutkan Segmen 2 dari Prabumulih hingga Muara Enim yang saat ini progres konstruksi dilapangan masih mencapai 8,69 persen karena diundur oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: Pupus Harapan Miliki Jalan Tol Baru, Sumatera Selatan Malah Gigit Jari Karena Proyek Jalan Tolnya Dihapus Dari PSN

Sempat ditunda karena ada agenda Pemilu 2024 yang lebih penting namun Ketua Umum KADIN Provinsi Sumatera Selatan, H Affandi Udji meminta agar tetap dilanjutkan. 

Permintaan dari H Affandi kepada pemerintah daerah agar tetap semangat untuk memperjuangkan kelanjutan pembangunan Tol Prabumulih - Muara Enim setelah agenda Pemilu 2024. 

Maka, pembangunan Jalan Tol ini juga merupakan lanjutan dari ruas Jalan Tol Palembang - Indralaya yang saat ini telah beroperasi sepanjang 22km.

Tidak hanya itu, nantinya Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim akan memiliki 3 buah Simpang Susun yaitu Simpang Susun Indralaya, Simpang Susun Prabumulih, dan Simpang Susun Muara Enim. 

“Dari Kadin berharap Pj Gubernur Sumsel, bapak Agus Fatoni dapat melobi ulang agar proyek ini bisa dilanjutkan. Dan kami yakin beliau bisa bersama dengan Pj Muaraenim tentunya,” ujar Ketua Umum KADIN Provinsi Sumatera Selatan, H Affandi.

Proyek ini merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan sebelumnya, Segmen Indralaya - Prabumulih telah berhasil selesai dan beroperasi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat