bdadinfo.com

Sumbar Kalah Lagi! Sumatera Selatan Punya Tol Terowongan Termegah Seperti di Swiss Sajikan Pesona Alam Bak Pegunungan Alpen Manjakan Jutaan Pengendara - News

Terowongan Lermooser, dan Gothard di pegunungan Alpen, menjadi inspirasi dalam pembangunan terowongan di jalan tol Palembang-Bengkulu.

- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Hal ini ditandai dengan terus berjalannya pembangunan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung yang tengah difokuskan penyelesaian konstruksinya tahap kedua SS Kramasan - Betung sepanjang 69,19 Km.

Saat Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik yang dipimpin oleh Ketua Tim Kunker Ridwan Bae melakukan kunjungan lapangan mengecek ruas tol di Sumatera Selatan (Sumsel).

Didampingi oleh Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, perwakilan Badan usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Waskita Sriwijaya Tol, dan perwakilan BUJT PT Hutama Karya.

Baca Juga: Menelusuri Surga Tersembunyi! Keajaiban Tiga Desa Wisata Tercantik di Sumatera Barat yang Membuat Dunia Terpukau

Ridwan Bae mengatakan selain memperlancar akses, meningkatkan konektivitas dan perekonomian di Pulau Sumatera khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Pembangunan Jalan Tol Kapalbetung diharapkan dapat menjadi alternatif jalur kendaraan sehingga dapat mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan pada jalan akses yang sudah ada.

Ridwan mengatakan, pelaksanaan konstruksi pembangunan infrastruktur Jalan Tol wajib memenuhi standar konstruksi yang berkualitas sesuai dengan UU Jalan.

Agar selama pelaksanaan konstruksi para tim yang bekerja di lapangan untuk dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Pembebasan Lahan 2 Proyek Jalan Tol Tambahan Menuju Danau Toba di Sumatera Utara ini Disebut Tanpa Kendala: Siap Dieksekusi! 

"Dalam hal ini kami Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR agar terus meningkatkan pengawasan ruas tol ini demi terwujudnya jalan yang handal dan berkesalamatan," katanya.

Sementara, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono, Jalan Tol Trans Sumatera Kayu Agung - Palembang - Betung membentang sepanjang 111,7 Km.

Jalan Tol ini merupakan poros terpenting dari Jalan Tol Trans Sumatera, sebagai backbone Sumatera Selatan yang menjadi ruas terakhir menghubungkan Pelabuhan Bakauheni hingga Palembang

"Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung yang saat ini sudah beroperasi yakni Tahap 1 Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang (42,5 Km). Sementara Tahap 2 Kramasan hingga Betung (69,2 Km) yang saat ini masih dalam tahap konstruksi dengan progres mencapai 35% dan ditargetkan rampung pada Agustus 2023 mendatang," tambah Triono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat