bdadinfo.com

Hubungkan Segitiga Emas di Bali Selatan, Jalan Tol Bali Mandara Jadi Salah Satu Tol Atas Laut Terpanjang di Dunia - News

Jalan Tol Bali Mandara, salah satu Jalan Tol atas laut terpanjang di dunia (pu.go.id)

- Melesatnya infrastruktur Indonesia patut diacungi jempol karena, tak kalah saing dengan yang ada luar negeri, seperti halnya Jalan Tol Bali Mandara yang berada di Bali.

Jalan Tol Bali Mandara merupakan salah satu tol atas laut terpanjang di dunia yang memiliki panjang mencapai 12,7 kilometer.

Menariknya, Jalan Tol Bali Mandara ini adalah satu-satunya Jalan Tol yang memiliki jalur khusus untuk sepeda motor, terpisah dengan jalur kendaraan roda empat.

Baca Juga: Manchester United Keok di Tangan Manchester City, Bruno Fernandes: Komitmen Para Pemain Sudah Ada

Jalan Tol yang dikonstruksikan oleh PT. Jasa Marga Bali Tol, Tbk ini akan melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, dan merupakan Jalan Tol pertama yang ada di Pulau Dewata.

Jalan Tol Bali Mandara sendiri telah beroperasi sejak 2013 lalu, di mana nama Mandara adalah singkatan dari “Maju, Aman, Damai, dan Sejahtera” yang mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road.

Jalan Tol ini menghubungkan segitiga emas di Bali Selatan, yakni Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa dan dibangun dengan tujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di daerah tersebut.

Untuk mendukung kelancaran dan keamanan dalam berkendara, Jalan Tol Bali Mandara pun telah dilengkapi alat pengukur kecepatan angin berupa anemometer berbasis Internet of Things (IoT) di setiap gerbang tol di Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa.

Baca Juga: Habiskan Anggaran Mencapai Rp2,65 Triliun, Bendungan Sadawarna Tingkatkan Produksi di Daerah Lumbung Padi Indonesia

Terdapat standar khusus dalam mendeteksi keamanan berkendara saat melewati Jalan Tol ini, yaitu apabila kecepatan angin telah mencapai 40 kilometer atau lebih, maka akses Jalan Tol akan ditutup untuk sementara guna menghindari risiko terjadinya kecelakaan.

Selain itu, Jalan Tol Bali Mandara juga dilengkapi dengan CCTV pemantau selama 24 jam, sehingga pergerakan lalu lintas di Jalan Tol akan terpantau dengan jelas.

Kemudian, apabila ada kendaraan yang mogok, pengendara tidak perlu khawatir sebab telah hadir pula layanan derek gratis pada Jalan Tol ini.

Panorama keindahan laut yang dihadirkan di sekitar Jalan Tol Bali Mandara turut dihiasi dengan adanya pepohonan mangrove.

Baca Juga: Pesonanya Mendunia! Kota Metropolitan Paling Romantis di Jabar ini Lahir dari Rahim Danau Purba Seperti Mangkuk Raksasa, Jaraknya 141 Km dari Cirebon

Penanaman mangrove dihadirkan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup untuk mendukung program penghijauan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat