bdadinfo.com

Pesonanya Mendunia! Kota Metropolitan Paling Romantis di Jabar ini Lahir dari Rahim Danau Purba Seperti Mangkuk Raksasa, Jaraknya 141 Km dari Cirebon - News

Bandung merupakan bagian dari Cekungan Bandung (Bandung Raya), kawasan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

- Jawa Barat, disingkat Jabar adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat pulau Jawa, dengan ibu kota provinsi di Kota Bandung.

Jawa Barat berbatasan dengan provinsi Banten dan wilayah ibu kota Jakarta di sebelah barat, Laut Jawa di utara, Provinsi Jawa Tengah di timur, dan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Bersama dengan Provinsi Banten, Jawa Barat disebut sebagai Tatar Sunda atau Pasundan karena merupakan kampung asli masyarakat Sunda, suku terbesar kedua di Indonesia.

Baca Juga: Gaung Jalan Tol Tran Sumatera Mendunia! Semakin Mengular dari Kota Hingga Pelosok Desa, Bermetamorfosa Jadi Jalan Tol Spektakuler di Asia Tenggara

Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, dan Laut Jawa di sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta di sebelah barat.

Kawasan pantai utara merupakan dataran rendah. Di bagian tengah merupakan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa.

Titik tertingginya adalah Gunung Ciremai, yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Baca Juga: Melalui Semata, Wako Padang Hendri Septa Berikan Bantuan Rumah untuk Keluarga yang Tinggal 14 Orang dalam Satu Atap

Sungai-sungai yang cukup penting adalah Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk, yang bermuara di Laut Jawa.

Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang didirikan pada 1925, di mana saat itu Nusantara berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda.

Secara administratif, Jawa Barat terdiri dari 26 kabupaten/kota yang terbagi menjadi 17 kabupaten dan 9 kota.

Baca Juga: Sumatera Barat-Riau Semakin Mantap! Selangkah Lagi Terkoneksi Lewat Jalan Tol: Sudah 98 Persen dan Ditargetkan Rampung April 2024

Namun, tahukah kamu, salah satu kota di Jawa Barat dulunya terlahir dari cekungan danau purba yang airnya menyusut?

Jika ditelusuri letaknya, kota ini berjarak sekitar 141 km dari “Kota Udang” Cirebon.

Berdasarkan sejarahnya, dulu di kawasan Jawa Barat terdapat sebuah danau purba yang terbentuk sekitar 105 ribu tahun yang lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat