bdadinfo.com

Erick Thohir: Andre Rosiade Gigih Perjuangkan Fly Over Sitinjau Lauik - News

Erick Thohir: Andre Rosiade Gigih Perjuangkan Fly Over Sitinjau Lauik

- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memuji Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade terkait pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik di Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Erick mengakui, fly over sangat tepat dibangun untuk menghindari jalur super ekstrem yang sudah banyak memakan korban jiwa itu.

Erick menyebutkan, awalnya proyek pembangunan ini diusulkan oleh Pemprov Sumbar ke pemerintah pusat.

Baca Juga: Harga Beras di Sumatera Barat Ternyata Termahal Se Indonesia saat Ini, Cek Harga di Provinsi Lainnya!

Namun karena anggaran yang sangat besar sementara kondisi keuangan sedang terimbas pandemi, maka belum bisa dipenuhi.

Meski urgensi pembangunan fly over tidak bisa dipungkiri oleh pemerintah pusat.

"Yang menolak bukan kami dari Kementerian BUMN. Tapi Kementerian PUPR. Sumbar beruntung punya Andre Rosiade. Meski sudah ditolak pusat, tapi Andre Rosiade tak kehilangan akal memperjuangkan pembangunan Sumbar. Dia berkomunikasi dengan banyak pejabat di pusat dan mendapatkan solusi pembangunan. Andre kembali meminta pembangunan ini sampai akhirnya disetujui pusat," kata Erick Thohir kepada wartawan saat meninjau lokasi pintu keluar tol Padang-Sicincin, Rabu (6/3).

Erick sendiri pada Juni 2023 sudah datang langsung ke Sitinjau Lauik.

Katanya, karena perjuangan Andre Rosiade meyakinkan pusat lah, maka pembangunan bisa dilakukan dengan sistem Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Kita mendukung proyek ini berjalan,” kata Erick Thohir didampingi Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dan sejumlah pejabat proyek terkait. 

Baca Juga: Dukung Pembangunan Hunian di Sumbar, PLN - Apersi - REI Perkuat Kolaborasi

Sehingga, katanya, KPBU Fly Over (KPBU FO) Sitinjau Lauik sekarang sudah masuk dalam PPP (Public Private Partnership) Book 2023.

Saat ini KPBU FO Sitinjau Lauik dalam tahapan persiapan pengadaan BUP (Badan Usaha Pelaksana) yang akan dimulai setelah terbitnya konfirmasi final dari Kementerian Keuangan dan penetapan lokasi dari Gubernur Sumbar.

"Kita harus akui kegigihan Andre Rosiade dalam mempercepat proses pembangunan Sumbar. Karena perjuangan meyakinkan pemerintah pusat itu pasti tak gampang. Dibutuhkan lobi dan jaringan yang kuat. Dan itulah yang dimiliki oleh tokoh Sumbar di nasional saat ini, Andre Rosiade," kata Erick Thohir.

Erick memastikan dukungan terhadap pembangunan fly over ini. Bahkan dia juga menyebut kemungkinan peletakan batu bertama bisa dilakukan Presiden Jokowi sebelum habis masa jabatan Oktober 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat