bdadinfo.com

Kenali Manfaat Terbaik dari Sholat Dhuha Pada Bulan Ramadhan, Mendapatkan Pahala dan Ampunan Dosa dari Allah SWT. - News

Illustrasi sholat dhuha (Layar Tangkap YouTube YTCrash)

- Salah satu ibadah yang jarang didengar baik kalangan Muslim maupun Muslimah saat ini, tetapi memiliki makna yang begitu berarti yaitu, Sholat Dhuha.

Sholat Dhuha, merupakan ibadah yang dilakukan sebanyak 2 - 12 rakaat, yang dilaksanakan pada pagi hingga menjelang siang, sehingga memberikan manfaat yang penting bagi yang menjalankannya.

Sholat dhuha memiliki banyak keistimewaan, oleh sebab itu umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha secara rutin, terlebih pada saat bulan suci Ramadhan.
 
Baca Juga: Promo Ramadhan! PLN Tebar Diskon Tambah Daya Listrik Hingga 5.500 VA Cukup Bayar Rp202.403

Jika dikerjakan pada hari biasa memang istimewa, maka sholat dhuha dikerjakan selama Ramadhan akan menghasilkan pahala dan berkah dari Allah SWT.

Inilah Beberapa keutamaan yang akan didapatkan, bagi yang melaksanakan sholat dhuha pada saat menjalankan bulan suci Ramadhan :

1. Pahala Seperti Ibadah Haji dan Umrah

Sungguh bagi amalan sholat Dhuha, hingga orang-orang yang mengerjakan akan mendapat pahala seperti layaknya sedang melaksanakan ibadah pergi Haji dan Umrah.
Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Puasa Ramadhan 2024 / 1445 H, di Kota Makassar dan Sekitarnya

Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa Sholat Subuh secara berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian dilanjutkan dengan sholat 2 rakaat, maka akan mendapatkan pahala seperti haji dan umrah yang sempurna”.

2. Mendapat Ampunan

Bagi yang rajin melaksanakan sholat dhuha maka akan diampuni dosa-dosa, hal ini tercantum dalam riwayat Tirmidzi.

Rasulullah bersabda:

“Siapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha, niscaya akan diampuni dosa-dosa walaupun sebanyak buih di lautan”.

3. Rezeki dan Kebutuhan Hidup Dicukupi oleh Allah

Dengan melaksanakan sholat dhuha, maka rezeki akan mengalir dengan mudah. Rasulullah pernah menjelaskan dalam sebuah hadis Qudsi dari Abu Darda bahwa,

"Allah berfirman, 'Wahai Anak Adam, shalat empat rakaat di awal siang hari, maka akan dicukupkan hingga akhir siang".

4. Dibuatkan Pintu Khusus dan Rumah di Surga

Allah memberi ganjaran terhadap umat Islam, yang tekun melaksanakan sholat Dhuha dengan pintu khusus yang akan mengantar ke surga.

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Dhuha, bila datang pada hari kiamat, malaikat penjaga surga memanggil 'mana yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu yang dimasuki dengan kasih sayang”.

Selain itu, Allah SWT juga menjanjikan akan membangun rumah di surga, bagi yang melaksanakan sholat dhuha secara rutin, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat, dan empat rakaat sebelumnya, maka akan dibangun rumah di surga”.

5. Pahala yang Berlipat

Melaksanakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat, memang cukup mendatangkan pahala. Namun ternyata pahala yang didapat bisa berlipat sesuai dengan jumlah rakaat sholat dhuha.

Rasulullah saw bersabda,

“Bila melaksanakan dua rakaat maka tidak dicatat sebagai hamba lalai, empat rakaat maka dicatat sebagai hamba berbuat baik, enam rakaat akan dicatat sebagai hamba taat, delapan dicatat sebagai hamba yang sukses, sepuluh maka hari ini dosa tidak dicatat, dan dua belas maka Allah membangun rumah di surga.”

Itulah manfaat yang didapatkan, ketika melaksanakan Sholat Dhuha khususnya di saat bulan Suci Ramadhan, semoga dengan ibadah ini bisa memberikan manfaat yang berarti untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Terutama bagi yang sedang melaksanakan ibadah puasa, untuk tidak mengabaikan dan melupakan Ibadah Shalat yang bisa memberi nilai lebih, bagi yang menjalani dengan sungguh-sungguh. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat