bdadinfo.com

Kabar Duka! Meski Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional, Bandara Udara Bangka Belitung Diturunkan Derajatnya Tidak Diakui Pemerintah - News

Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin (bahasa Inggris: H.A.S. Hanandjoeddin Airport) atau sebelumnya dikenal juga dengan nama Bandar Udara Buluh Tumbang (IATA: TJQ, ICAO: WIKT, sebelumnya WIKD dan WIOD) adalah sebuah Bandar udara yang terletak di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Beli

- Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Keputusan Menteri Nomor 31/2024 (KM 31/2024) tentang Penetapan Bandar Udara Internasional pada 2 April 2024.

Melalui regulasi tersebut, jumlah bandara internasional dipangkas dari sebelumnya berjumlah 34 menjadi 17 bandara saja.

Dengan begitu, terdapat sebanyak 17 bandara yang tidak lagi melayani penerbangan internasional dan kini hanya bisa melayani rute domestik saja.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA/SMK Halaman 29-36 Uji Kompetensi Bab 1 Kurikulum Merdeka

Berdasarkan catatan ada 5 Bandara Termegah di Pulau Sumatera Dicoret dari Statusnya salah satunya Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin (bahasa Inggris: H.A.S. Hanandjoeddin International Airport).

Atau sebelumnya dikenal juga dengan nama Bandar Udara Buluh Tumbang (IATA: TJQ, ICAO: WIKT, sebelumnya WIKD dan WIOD) adalah sebuah Bandar udara internasional yang terletak di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Bandar Udara ini telah melayani penerbangan domestik dan internasional dari Belitung menuju Jakarta, Pangkal Pinang, Kuala Lumpur, Singapura, Bandar Lampung dan Palembang.

Mengingat Belitung sebagai destinasi wisata baru, Bandara ini semakin membenahi infrastruktur dan pelayanannya.

Baca Juga: Dibredel Sampai Akar-akarnya, 5 Bandara Termegah di Pulau Sumatera Turun Tahta Dicoret dari Statusnya, Bandara Minangkabau Masuk Daftar Blacklist?

Pada tahun 2015, Bandara ini dibangun dengan dana Kabupaten Belitung, Renovasi Bandara H.A.S Hanandjoedin ini Bertujuan untuk membenahi Infrastruktur Di kabupaten Belitung,

Karena Pulau Belitung termasuk dari proyek strategis nasional, Renovasi Bandara Ini selesai Pada 2017. Dan resmi menjadi Bandar Udara Internasional.

Bandar Udara ini akan di fungsikan sebagai bandar udara transit Karena letaknya yang strategis memiliki Landasan pacu yang panjang dan apron yang luas Dan pengembangan sebagai Bandar Udara Internasional untuk mendongkrak Pariwisata Kususnya Di Pulau Belitung.

Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin (bahasa Inggris: H.A.S. Hanandjoeddin Airport) atau sebelumnya dikenal juga dengan nama Bandar Udara Buluh Tumbang (IATA: TJQ, ICAO: WIKT, sebelumnya WIKD dan WIOD) adalah sebuah Bandar udara yang terletak di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Bandar Udara ini melayani penerbangan domestik dan internasional dari Belitung menuju Jakarta, Pangkal Pinang, Kuala Lumpur, Singapura, Bandar Lampung dan Palembang.

Baca Juga: Warisan IKN! Tak Hanya Jepang, Korsel Ikutan Pengerjaan Proyek SPAM di Kalimantan Timur Plus Masuk Kategori ‘World Water Forum ke 10 in Bali’

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat