bdadinfo.com

Bersenanglah Kalsel! Gubernur Kalimantan Selatan Rela Bagikan Mesin Tercanggih dan Baru di Kabupaten Ini Demi Kesuksesan Petani Se-Asia Tenggara - News

Demi Kemajuan Petani di Indonesia  (Freepik)

 

- Kalimantan Selatan saat ini sedang fokus dalam tahap pembangunan meliputi gubernur Kalsel didapatkan membagikan alat mesin canggih untuk seluruh Petani. 

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalsel.

H Sahbirin Noor memberikan bantuan alat pencacah rumput terbaru kepada kelompok tani di Desa Telaga Baru dan Desa Loktanah Kecamatan Telaga Bauntung, Kabupaten Banjar.

Baca Juga: Sumatera Utara Juara Satu! Jalan Tol Medan-Binjai-Stabat Penopang Jalur Sumut Menuju Aceh dengan Trafik Rata-rata Lebih dari 23.000 Kendaraan Perhari

Memberikan bantuan mesin Chooper Rumput ini memberikan dampak yang signifikan bagi seluruh peternak di daerah tersebut.

Kepala Disbunnak Provinsi Kalsel, Suparmi menjelaskan, alat ini sangat efektif untuk membantu para peternak dalam menyiapkan pakan ternak dengan jumlah besar.

Dilihat dari waktu, terdapat pencacahan rumput yang menggunakan mesin jauh lebih cepat ketimbang secara manual. 

Baca Juga: Jembatan Cikereteg yang Telan Rp57,9 Miliar! Usia Lebih dari 100 Tahun, Baru Selesai Diperbaiki Langsung Rusak Lagi, Ada Apa?

Dengan cara manual, peternak perlu menghabiskan waktu sekitar setengah jam untuk mencacah satu ikat rumput berukuran besar. 

Penggunaan mesin cacah dinilai sangat penting untuk mempercepat pemberian pakan ratusan ekor sapi yang ada di kandang milik kelompok peternak.

“Pencacahan pakan secara manual menggunakan sabit sangat bergantung pada umur rumput. Saat menggunakan mesin,” 

Baca Juga: Dorong Pelaksanaan Kebijakan Mobil Listrik, Menteri LHK Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Manggala

“Rumput setua apa pun bisa dicacah dengan alat ini dan bisa dimakan sapi sampai habis,” ujar Suparmi pada Rabu 5 Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat