bdadinfo.com

12 Desa di Jawa Barat Ditenggelamkan Bendungan Raksasa Terbesar di Indonesia Bahkan di Asia Tenggara Telan Dana Rp2,2 Triliun dan Jadi Objek Wisata - News

Pembangunan proyek Bendungan atau waduk Jatiluhur merupakan bendungan terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Bendungan ini terletak di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Bandung dengan luas bendungan mencapai 8.300 hektare.

- Bendungan atau waduk merupakan salah satu infrastruktur kunci di Indonesia.

Bendungan adalah bangunan melintang yang berupa beton, urugan tanah, urugan batu maupun pasangan batu.

Yang dibangun untuk menahan dan menampung air, dapat juga dibangun untuk menahan dan menampung limbah tambang (tailing), atau menampung lumpur sehingga terbentuk waduk.

Diketahui bahwa Indonesia telah memiliki sejumlah bendungan yang salah satunya dinobatkan sebagai terbesar.

Baca Juga: Lucu Sekali, Pelaku Bukan Korban! Penjudi Online yang akan Dapat Bansos, Pengamat: Sama dengan Memberi Insentif ke Pelaku Judi

Bendungan atau waduk Jatiluhur merupakan bendungan terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Bendungan ini terletak di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Bandung dengan luas bendungan mencapai 8.300 hektare.

Bendungan ini dibangun sejak tahun 1957 dengan tujuan utama sebagai sumber mata air yang dapat mengairi irigasi sawah seluas 242.000 hektare.

Selain menjadi waduk terbesar, waduk Jatiluhur juga terhubung dengan waduk besar lainnya yang ada di aliran Sungai Citarum.

Baca Juga: Pusat Kewarasan Sumatera! Bangunan RSJ Terbesar dan Terkemuka di Provinsi Riau Disinilah Bakal Hadirkan Fasilitas Layanan Kesehatan Se-Asia Tenggara

Dengan terhubungnya bendungan ini dengan Bendungan Cirata melalui aliran Sungai Citarum, Bendungan Jatiluhur tidak hanya memberikan manfaat untuk pertanian tetapi juga berdampak signifikan terhadap daerah sekitarnya, termasuk DKI Jakarta.

Adapun bendungan terbesar tersebut yaitu Bendungan Jatiluhur dan Jatigede yang dimana keduanya terletak di Jawa Barat.

Selain itu, pemerintah kembali membangun bendungan yang kini termasuk dalam salah satu terbesar ketiga setelah Jatiluhur dan Jatigede.

Bahkan wajar saja dengan daya tampung yang cukup besar menjadikan bendungan ini sebagai salah satu yang terbesar.

Baca Juga: Selamat Datang IKN! Bersiaplah Warga Kalimantan Timur Dipastikan Konstruksi Proyek Utilitas 3 Pusat Utama Jelang peringatan HUT RI Siap Dioperasikan

Dengan ukurannya yang besar, biaya yang digelontorkan juga cukup menelan dana fantastis yaitu sekitar Rp2,2 triliun yang bersumber dari APBN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat