bdadinfo.com

Selamat Datang IKN! Bersiaplah Warga Kalimantan Timur Dipastikan Konstruksi Proyek Utilitas 3 Pusat Utama Jelang peringatan HUT RI Siap Dioperasikan - News

Baru! 3 Pusat Proyek Utama IKN  (Freepik)

- Jelang peringatan HUT RI ke 79 Indonesia akan dirayakan di IKN, Kalimantan Timur yang dipastikan konstruksi utilitas seperti listrik, air, internet dan gas. 

Siap dioperasikan dan dipastikan rampung dari kontruksi utilitas seperti listrik, air, internet dan gas yang akan digunakan saat perayaan HUT RI.

Kementerian PUPR telah mencapai 29,87 persen hingga 4 Juni 2023 dan proyek ini menelan anggaran dari keseluruhan sebesar Rp26,67 triliun.

Baca Juga: Konglomerat Berkumpul! 10 Daftar Orang Terkaya Indonesia Mei 2024 Menurut Forbes & Bloomberg, Dominasi Miliarder Batu Bara, Perbankan, dan Kebun Sawit

Dengan Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga mengatakan akan menjadwalkan.

Menjadwalkan uji laik fungsi pengoperasian Instalasi Pengolahan Air Bersih di IKN pada akhir bulan Juni 2024. 

Kapasitas pembangunan tersebut dirancang sebesar 300 liter per detik dari kapasitas penuhnya mencapai 2.500 liter per detik.

Baca Juga: Tragis! Kebakaran Hebat Landa Kantor Camat Medan Area, Begini Kronologinya

"Air bersih itu pertengahan Juli atau minggu ketiga Juli akan mengalir di IKN, lihat saja nanti," tutur Danis pada Jumat 14 Juni 2024. 

Danis menerangkan, sumber air dalam uji coba Instalasi Pengolahan Air Bersih akhir bulan ini merupakan Intake Sungai Sepaku.

Awalnya Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk kebutuhan air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung pada Juli 2024.

Baca Juga: Puskesmas Tanjung Makmur Pesisir Selatan Lakukan General Check Up Prolanis

Namun karena sebagian proyek dari tahap 1 groundbreaking diwajibkan harus rampung dan beroperasi jelang peringatan di bulan Agustus mendatang. 

Menurut Menteri PUPR, uji coba tersebut akan dilanjutkan dengan mengambil sumber air dari Bendungan Sepaku Semoi sebesar 300 liter per detik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat