bdadinfo.com

Jawa Timur Nomor Satu! Jalan Tol Ngawi Kertosono Bikin Jagatraya Gempar! Satu-satunya Jalan Tol di Indonesia Jalan Tol yang Bisa Bernyanyi - News

Satu-satunya di Indonesia Jalan Tol Ngawi Kertosono ini akan mengeluarkan nada Happy Birthday apabila mobil bergerak di kecepatan 80 - 100 Km/Jam. Nada yang keluar tersebut dibuat dengan tujuan agar pengendara lebih waspada sehingga tingkat kecelakaan akibat kelalaian dapat ditekan dengan hadirnya f

- Jalan bernada ini merupakan yang pertama di Indonesia. Hal ini diperuntukkan agar pengguna jalan tol berhati-hati dan mengendalikan kecepatan kendaraan ketika mengemudi di Jalan Tol Ngawi–Kertosono sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Diketahui, pembangunan mega proyek Jalan Tol Ngawi Kertosono adalah jalan tol sepanjang 87,02 km yang menghubungkan Ngawi dengan Kertosono, Jawa Timur.

Jalan Tol Ngawi Kertosono ini melewati Jombang, Nganjuk, Madiun, dan Ngawi.  Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Solo-Ngawi di sebelah barat dan Jalan Tol Kertosono-Mojokerto di sebelah timur.

Jalan Tol Ngawi Kertosono ini beroperasi penuh sejak tahun 2018 dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Surabaya dan Jakarta.

Konstruksi ini baru dikerjakan pertengahan 2015 dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018.

Proyek pembangunan Jalan Tol Ngawi Kertosono sempat berhenti di tengah jalan akibat izin penggalian bahan galian C kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Ngawi tidak kunjung diterbitkan.

Dengan terhambatnya proses pengerjaan tahap awal, Anang memastikan proses pembangunan jalan tol Manker akan molor dari target awal.

Dengan kondisi seperti ini, pembangunan jalan tol yang dijadwalkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk selesai pada tahun 2017 pun menjadi berat terlaksana.

Pada 29 Maret 2018, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ngawi Kertosono ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 52 km.

Di ruas Ngawi-Wilangan ini terdapat tiga gerbang tol (GT), yaitu GT Ngawi di Kecamatan Ngawi Kota, GT Madiun di Dumpil, Balerejo dan GT Mejayan di Caruban.

Sedangkan ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 35 km diresmikan pada tanggal 20 Desember 2018.

Pada akhir tahun 2019, di ruas jalan tol ini telah dipasang jalan bernada atau singing road, tepatnya di Km 644+200 B arah Solo.

Jalan bernada ini merupakan yang pertama di Indonesia. Hal ini diperuntukkan agar pengguna jalan tol berhati-hati dan mengendalikan kecepatan kendaraan ketika mengemudi di Jalan Tol Ngawi Kertosono sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Menelan biaya Rp3,83 triliun, jalan tol di Jawa Timur ini jadi satu-satunya di Indonesia yang Bisa Bernyanyi.

Inovasi dalam pembangunan jalan tol semakin hari semakin berkembang, saat ini sudah banyak jalan tol di Indonesia yang masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat