bdadinfo.com

Bandara Baru Kelas Dunia Sumatera Barat Siap Kalahkan Bandara IKN yang Terletak 120 KM dari Kota Padang dan 188 KM dari Kota Pekanbaru - News

wacana seputar pendirian Bandara Terbesar di Indonesia itu akan terealisasi, dan bukan hanya sekedar mimpi. Seperti diketahui, rencana awal pembangunan Bandara Terbesar di Indonesia ini tercetus pada 2013 lalu.

- Kabar terakit provinsi Sumatera Barat akan membangun mega proyek baru bangun bandara udara terbesar berkelas dunia di Payakumbuh sudah menjadi wacana sejak lama

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Diunggulkan untuk Menang, Ukraina Malah Melempem dan Kalah Telak dari Rumania!

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Sebeluamnya, ada informasi yang akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), bandar udara atau bandara terbesar di Indonesia segera dibangun di Provinsi itu.

Diketahui, wacana seputar pendirian Bandara Terbesar di Indonesia itu akan terealisasi, dan bukan hanya sekedar mimpi.

Seperti diketahui, rencana awal pembangunan Bandara Terbesar di Indonesia ini tercetus pada 2013 lalu.

Baca Juga: Pemko Bukittinggi Gelar Gotong Royong Bersihkan Drainase Pasar Aur Kuning untuk Cegah Banjir

Dimana di Sumbar, seperti diketahui memiliki lahan kosong seluas 200 hektar.

Adapun gubernur yang menjabat waktu itu, Irwan Prayitno mendukung rencana membangun Bandara Terbesar di Indonesia tersebut.

Bahkan, ia turut serta meninjau langsung lokasi yang diusulkan untuk pembangunan Bandara Terbesar di Indonesia tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat