bdadinfo.com

Menyala Sulawesi Selatan! Telan Dana Rp3,8 Miliar, Sirkuit Titik Nol Segera Hadir di Tanjung Bira - News

Desain pembangunan sirkuit balap yang diberi nama Sirkuit Titik Nol.

- Balapan merupakan sebuah ajang olahraga otomotif yang bisa disandingkan dengan dunia periwisata.

Melihat skala Internasional dari Indonesia sendiri yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan Sirkuit Internasional Mandalika untuk balap MotoGP World Superbike (WSBK).

Dilansir dari kabarmakassar.com, pada 18 Juni 2024, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga tahun anggaran 2024 merencanakan pembangunan sirkuit balapan motor dengan nama Sirkuit Titik Nol.

Baca Juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 2 Halaman 12-15 Kurikulum Merdeka: Aturan di Keluarga dan Menyusun Kata-Kata

Lokasi Sirkuit Titik Nol berlokasi di samping Lapangan Hitam Kawasan Wisata Tanjung Bira yang dibuat khusus akan terintegrasi dengan lapangan tersebut sehingga jadi satu kawasan sirkuit.

Kabid Humas Diskominfo, Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan bahwa pembangunan sirkuit balap motor merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Selain memberikan wadah sebagai penyaluran bakat dan hobi para rider generasi muda Bulukumba, juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata.

Baca Juga: Khatib Salat Idul Adha di Masjid Raya Sumbar, Gubernur Ingatkan Pentingnya Pondasi Tauhid

Hal itu bisa terjadi jika terdapat pelaksanaan event balap motor yang peserta dan penontonnya dari luar Kabupaten Bulukumba.

"Dana pembangunan sirkuit sekitar Rp3,8 miliar dengan pekerjaan utama yaitu pembangunan tribun dan pembuatan lintasan," kata Andi.

Lintasan yang nantinya dikerjakan memiliki panjang 515 meter dengan lebar 7 meter. Namun, ketika nanti akan digabung dengan lintasan yang berada di lapangan Hitam maka panjang lintasan bertambah jadi 1,2 kilometer.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Serahkan Sapi Qurban Presiden RI serta 78 Ekor Sapi Qurban ASN dan BUMD

Ketua Komisi Dragbike Pengda IMI, Sulawesi Selatan, Hidayat Kurnia, merespon dan apresiasi terkait rencana pembangunan Sirkuit Titik Nol ini.

Dengan adanya pembangunan Sirkuit Titik Nol ini akan menjadi daya tarik tersendiri di wilayah Sulawesi Selatan, jelas Hidayat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat