bdadinfo.com

Rudi S Kamri Sebut Pembongkaran Cagar Budaya Rumah Ema Idham Mirip De-Soekarnonisasi Orde Baru - News

Rudi S Kamri kecam pembongkaran Rumah Ema Idham di Kota Padang (Youtube/Kanal Anak Bangsa)

– Pegiat sosial media Rudi S Kamri sangat mengecam pembongkaran bangunan bersejarah Cagar Budaya rumah Ema Idham atau tempat singgah Bung Karno di Kota Padang, Sumatera Barat.

Tak tanggung-tanggung Rudi S Kamri berpendapat bahwa pembongkaran Cagar Budaya rumah Ema Idham atau tempat singgah Bung Karno di Kota Padang menyerupai program De-Soekarnonisasi pada pemerintahan Orde Baru.

Hal itu disampaikan oleh Rudi S Kamri melalui akun Youtube pribadinya menyatakan kekeliruan fatal telah dilakukan oleh beberapa pihak terkait yang abai dalam menjaga nilai historis bangunan Cagar Budaya rumah Ema Idham di Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca Juga: Cerita Megawati Kena Tilang Polisi, Mega Ngerasa Bersalah Endingnya Begini

Pria yang akrab disapa Rudi itu berkomentar bahwa untuk menjaga nilai historis bangunan bersejarah bukan merobohkan lalu menggantikannya dengan fondasi baru. Menurutnya dengan dibongkarnya bangunan lama, sama saja mengaburkan fungsi fundamental dan nilai historis bangunan tersebut.

“Dibongkar dan dibangun lagi otomatis, akan kehilangan nilai sejarahnya rumah, induknya akan hilang kalau mau, direnovasi jangan sampai rumah induknya itu hilang,” ujar Rudi S Kamri, dikutip dari akun Youtube Kanal Anak Bangsa, pada Selasa 21 Februari 2023.

Rudi menyarakan jika akan melakukan penyegaran bangunan silahkan dikerjakan, namun jangan sampai merubah struktur bangunan inti yang menyimpah roh peristiwa kesejarahan.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Jorong Sawah di Ujuang Terlayani Pamsimas, Bupati Tanah Datar Ajak Warga Bangun MCK di Rumah

“Silahkan renovasi di sekitarnya atau, mungkin bangunan di dalamnya dirapikan, tapi jangan pernah merobohkan rata, dengan tanah seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang,” katanya.

Menurut Rudi dengan diratakannya Rumah Singgah Bung Karno dengan tanah menyerupai program De-Soekarnoisasi pemerintahan Orde Baru yang kala itu membongkar Rumah Proklamasi di Jalan Pengangsaan Timur No 56 dengan bangunan baru.

“Mengingatkan saya pada saat Orde Baru, rezim Soeharto juga melakukan hal yang sama rumah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur 56 diratakan dengan tanah diganti dengan bangunan baru,” tandas Rudi.

Baca Juga: iPhone 14 Pro Max Kalah Telak? Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra yang Kasih Kamera Super Jernih

Sebelumnya, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim langsung menyiapkan langkah hukum terkait dibongkarnya Rumah Singgah Bung Karno di Kota Padang yang notabene berstatus sebagai Cagar Budaya.

"Kemendikbud Ristek telah dan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mencari solusi terbaik. Kami tengah mempertimbangkan langkah hukum, serta berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya,” tegas Nadiem Makarim, pada Jumat 17 Februari 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat