bdadinfo.com

Waduh, Richard Elizer Tanpa Perlindungan Lagi  Pengacara Sesalkan Sikap LPSK - News

Richard Elizer Pudihang Lumiu atau Berasa E resmi dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba karena alasan keamanan.  (Instagram.com/@ronnytalapessy)

 

- Kabar mengejutkan datang dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) pada hari ini Jumat, 10 Maret 2023.

Pasalnya, LPSK yang sebelumnya melindungi saksi pelaku, Richard Eliezer Pudihang Lumiu dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat hari ini resmi mencabut perlindungan kepada Richard secara fisik.

Dilansir dari video konferensi pers LPSK pada YouTube Kompas.com yang tayang 10 Maret 2023, Syahrial M Wiryawan, perwakilan dari LPSK menyampaikan bahwa LPSK secara resmi menghentikan perlindungan fisik Richard Eliezer.

Baca Juga: Sukses Eksekusi Bharada Richard Eliezer ke Lapas Salemba, Ini Kata Kejaksaan

 Keputusan tersebut disampaikan Syahrial karena sebelumnya pihak LPSK sudah melakukan sidang mahkamah pimpinan LPSK dan sepakat meski dua dari tujuh pimpinan sempat tidak setuju menghentikan perlindungan terhadap Eliezer.

 "Pada Kamis, 9 Maret 2023, LPSK telah melaksanakan sidang Mahkamah Pimpinan LPSK dengan keputusan untuk menghentikan perlindungan kepada saudara RE (Richard Eliezer),

 "Sebagai informasi bahwa pada proses pengambilan keputusan yang dimaksud, terdapat dua dari tujuh pimpinan LPSK menyampaikan pendapat berbeda yakni tetap memberikan perlindungan kepada saudara RE," tegas Syahrial.

Rully Novian selaku juru bicara LPSK juga mengungkapkan bahwa penghentian perlindungan Richard tidak mengurangi hak Richard sebagai seorang justice collaborator (JC).

 "Jenis perlindungan yang dihentikan, bukan dicabut hanya perlindungan yang sifatnya secara fisik, yaitu bentuk pengamanan dan pengawalan melekat termasuk dalam rumah tahanan,

 "Penghentian perlindungan secara fisik ini tidak mengurangi penghargaan terhadap RE sebagai JC sebagaimana tadi disampaikan, " ungkap Rully.

 Sementara itu, Ronny Talapessy selaku wakil darin tim penasehat hukum Richard Eliezer sangat menyesalkan keputusayang diambil oleh LPSK.

Baca Juga: Nyaris Terdepak dari Polri, Ini 5 Pasal yang Dilanggar Richard Eliezer

 "Kami sangat menyesalkan dan menyayangkan keputusan LPSK yang menghentikan perlindungan terhadap Richard Eliezer, " ungkap Ronny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat