bdadinfo.com

Bukan Padang Pariaman, Ini 6 Kabupaten Terluas di Sumatera Barat - News

Ilustrasi Kabupaten terluas di Sumbar (freepik.com)

 

– Sumatera Barat (Sumbar) memiliki beberapa Kabupaten terluas tiap daerah yang berbeda-beda, ada yang mempunyai wilayah setara atau lebih luas dari Provinsi.

Padang Pariaman sempat menjadi kabupaten terluas di Sumbar, Namun saat ini daerah tersebut menjadi yang paling kecil.

Nah agar tidak penasaran dimana saja letaknya, inilah enam wilayah kabupaten terluas yang ada di Sumbar. Sebagai Berikut:

Baca Juga: 5 Daftar HP Snapdragon 870 5G Terbaik 2023: POCO F4 Hingga Realme GT Neo 3T

1. Kabupaten Kepulauan Mentawai

Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai berada di urutan pertama terluas di Sumbar dengan angka mencapai 6.000 11,35 km² lebih luas dari provinsi Bali.

Namun meskipun menjadi Kabupaten terluas di Sumbar, penduduk dari Kabupaten Kepulauan Mentawai hanya 89.400 jiwa dan termasuk paling sedikit di Sumatera Barat.

Kecamatan Siberut Barat merupakan daerah terluas di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang mencapai hingga 1.063,64 KM persegi, hampir setara dengan luas Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.

Baca Juga: Seri Remake Resident Evil Segera Hadapi Masalah yang Membayang-bayangi 

2. Kabupaten Pesisir Selatan

Menurut data BPS Sumbar terbaru total luas wilayah dari Kabupaten Pesisir Selatan saat ini mencapai 5.749,89 km², menjadikan wilayah ini menjadi kabupaten terluas ke-2 di Sumatera Barat.

Selain berada di posisi ke-2 Kabupaten terluas di Sumbar, wilayah ini juga memiliki penduduk terbanyak nomor dua di Sumatera Barat yaitu 516.518.

Sebagai informasi untuk luas wilayah masing-masing kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan kecuali Kecamatan bayang telah di atas 200 km2.

Baca Juga: Sampaikan LKPJ Tahun 2022, Wako Hendri Septa; Realisasi Progul Mendekati Angka Seratus Persen 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat