bdadinfo.com

Arus Mudik Ramadan 2023 Diprediksi Melonjak, Menhub: Pilih Waktu Mudik Lebih Awal - News

Ilustrasi mudik lebaran

- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengimbau kepada masyarakat khususnya bagi mereka yang melakukan mudik di bulan Ramadhan dengan menggunakan kendaraan roda empat, untuk memilih mudik lebih awal.

Menhub Budi Karya Sumadi menegaskan, jika arus mudik ramadan tahun ini diprediksi akan mengalami lonjakan pasca dicabutnya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Pilih waktu mudik lebih awal, dan hindari waktu puncak arus mudik dan balik. Sehingga diharapkan, penyebaran pergerakan kendaraan lebih merata dan tidak terjadi suatu puncak lonjakan di satu hari tertentu yang sangat tinggi," tutur Menhub Budi Karya Sumadi, keterangan tertulis dikutip , Selasa, 21 Maret 2023.

Baca Juga: Redmi Note 12, HP Terbaru dari Xiaomi yang Cocok Dibeli Saat Lebaran, Harga Cuma Rp2 Jutaan

Menhub sendiri menyebutkan, pihaknya kini sedang menyusun langkah antisipasi lonjakan angka kendaraan roda empat di mudik Lebaran tahun 2023 khususnya di jalur tol Jakarta ke arah Cikampek, Cipali, sampai ke Semarang.

"Persiapan kita lakukan sejak dini, sehingga kita bisa lebih siap dan masih punya waktu untuk memperbaiki kekurangan yang masih ada," imbuhnya.

Menhub menyatakan, mengantisipasi adanya lonjakan ke Tol arah Semarang, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Korlantas Polri, KemenPUPR, Badan Pengelolaan Jalan Tol, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya.

Baca Juga: Ketika Sekda Riau, SF Hariyanto Ngaku Nggak Punya Visi Misi Sebagai Pejabat

Lebih lanjut, Menhub menerangkan, sangat memungkinkan jika nantinya akan ada rekayasa lalu lintas seperti, contra flow, one way, pembatasan angkutan barang dan lain sebagainya.

"Kami bekerja kompak sebagai tim dan tengah menyiapkan berbagai hal, termasuk Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk menentukan waktu pelaksanaan rekayasa lalu lintas, yang penerapannya di lapangan akan dilakukan oleh Korlantas Polri," tutur Menhub.

Dirinya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menambah dan meningkatkan fasilitas prasarana jalan seperti, perbaikan dan pelebaran jalan, penambahan rest area, penambahan marka jalan, dan fasilitas jalan lainnya jelang arus mudik.

Baca Juga: Mengenal Apa itu ADHD, Gangguan Hiperaktif dan Kurang Perhatian pada Anak dan Dewasa

Adapun kemungkinan peningkatan arus mudik sudah terjadi sejak H-3 atau Rabu, 19 April 2023, dan akan mencapai puncaknya pada H-1 atau Jumat, 21 April 2023. Sementara untuk arus balik, puncaknya terjadi pada H+2 atau Selasa, 25 April 2023 dan masih akan cukup tinggi hingga H+3 atau Rabu, 26 April 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat