bdadinfo.com

BMKG Deteksi Sirkulasi Siklonik Akan Pengaruhi Cuaca di 34 Kota: Ini Daftarnya, Ada Kotamu? - News

BMKG deteksi sirkulasi siklonik yang akan pengaruhi cuaca di 34 kota (Istock)

HALUANBANTEN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, menyebut, sirkulasi siklonik diprediksi akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Fenomena tersebut dapat mempengaruhi kondisi cuaca di 34 kota besar di Indonesia. Dilansir dari laman www.bmkg.go.id memantau sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Daya Lampung, di Perairan Barat Kalimantan Barat, dan di Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat.

Dengan adanya sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di perairan Barat Lampung, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan.

Baca Juga: Ternyata Ayah Puan Maharani Warga Sikumbang dari Sumbar, Punya Gelar Datuk Basa Batuah, Ini Artinya

Lalu juga terjadi di daerah Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dan di Nusa Tenggara Barat. Menurut pantauan BMKG konvergensi lain memanjang dari Aceh, Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah, dari Maluku Utara hingga Sulawesi Utara, di Sulawesi Tengah, dan di Maluku.

Maka dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi. Sehingga mempengaruhi prakiraan cuaca 34 kota besar di Indonesia, di antaranya :

1. Kota Padang, Pekanbaru, dan Pangkalpinang yang diprediksi akan hujan ringan.

2. Kota Bengkulu, Palembang hujan dengan intensitas sedang dan Bandar Lampung berpotensi hujan lebat.

3. Kota Banda Aceh dan Jambi akan hujan disertai petir,sedangkan cuaca berawan diprediksi terjadi di Pulau Jawa dan Kota Serang. 

Baca Juga: Gampang Banget, Gini Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Pakai SnapTik

4. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Semarang dan Surabaya, sedangkan hujan sedang diperkirakan di Kota Jakarta dan Bandung.

5. Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara diprakirakan hujan dengan intensitas ringan di kota Denpasar dan Mataram sedangkan Kota Kupang berpotensi hujan petir.

6. Beralih ke Pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Palangkaraya, Tanjung Selor, dan Samarinda, sedangkan di Kota Banjarmasin dan Pontianak berpotensi hujan disertai petir

7. Pulau Sulawesi berpeluang berawan, di kota Kendari. Hujan ringan diperkirakan terjadi di Kota Makassar, waspadai peluang hujan lebat di Palu, Gorontalo, Manado.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat