bdadinfo.com

Kemenkes RI Gelar FGD di RSUP M Dajmil Padang, Tampung Aspirasi soal RUU Kesehatan - News

FGD RUU Kesehatan di RSUP M Djamil Padang, Senin, 27 Maret 2023 (Foto/Tio Furqan)

- Kementrian Kesehatan RI mengadakan Focused Group Discussion (FGD) yang berlangsung di RSUP M Djamil Padang, Senin, 27 Maret 2023.

Hadir pada FGD tersebut perwakilan dari Pemprov Sumbar yang di wakili oleh Dinas Kesehatan Provinsi, perwakilan organisasi profesi, dokter dan nakes, kepala puskesmas se Sumbar, BEM Unand, akademisi, rumah sakit swasta dan wartawan.

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan Kemenkes Dr. Sundoyo menyampaikan, setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Baca Juga: Dampak Kecelakaan dengan Oliveira, Marquez Dipastikan Absen dari MotoGP Argentina 2023

Hal ini tertuang dalam amanat UUD 1945 yang menjelaskan negara harus bertanggung jawab memberikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat.

"Negara harus hadir dalam memfasilitasi kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan non JKN harus memiliki akses kesehatan yang sama," ucapnya.

Sundoyo menambahkan, untuk memberikan pelayanan kesehatan yang layak harus menyediakan pelayanan kesehatan yang mudah di akses dan mutu yang bagus.

Baca Juga: Cedera lagi, Begini Kondisi Marquez Usai Tabrakan dengan Oliveira di MotoGP Portugal 2023

Lebih lanjut, Sundoyo menjelaskan juga, pada saat ini transformasi sistim pendidikan kesehatan harus berjalan dengan baik.

"Setiap rumah sakit, harus memiliki dokter spesialis jantung, spesialis penyakit dalam, dan lain-lain. Hal ini bertujuan, agar pasien yang sakit tidak harus menumpuk untuk di oper ke pusat. Dampaknya, terjadi antrian dalam tindakan operasi pasien," jelasnya.

Sundoyo menjelaskan juga, pada saat ini kemenkes menerapkan pendidikan kedokteran berbasis rumah sakit (hospital based).

Pola ini diupayakan untuk mempercepat ketersediaan tenaga dokter spesialis untuk pemerataan layanan kesehatan hingga ke pelosok Indonesia.

Baca Juga: Marquez Ungkap Penyebab Kecelakaan yang Melibatkan dirinya dengan Oliveira di MotoGP Portugal

"Konsep hospital based di Indonesia masih dikelola oleh universitas. para peserta program dokter spesialis sendiri sekolahnya di rumah sakit karena dia harus dapat kasus dan ikut bimbingan dari dokter-dokter senior di rumah sakit. Oleh karena itu, konsep hospital based diharapkan meningkatkan jumlah dokter spesialis," paparnya.

Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr. dr. Dovy Djanas, SpOG (K) saat membuka acara FGD tersebut menjelaskan, kegiatan ini di ikuti perwakilan profesi dokter, tenaga medis, rumah sakit swasta, akademisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat