bdadinfo.com

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Lebaran 2023, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Lakukan Berbagai Persiapan - News

Antisipasi lonjakan arus mudik Lebaran 2023, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur lakukan berbagai persiapan

- Dalam rangka pelayanan arus mudik dan mengantisipasi kondisi atau lonjakan arus penumpang saat lebaran 2023, Regional 2 Teluk Bayur telah melakukan berbagai persiapan.

Persiapan yang dilakukan antara lain penyiapan fasilitas naik dan turun penumpang, memperketat pengamanan, serta dengan terus berkoordinasi aktif dengan seluruh pihak-pihak terkait.

General Manager Regional 2 Teluk Bayur, Meidi Kusmana mengatakan untuk kelancaran pelaksanaan pelayanan, ia beserta jajaran terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Pelabuhan Teluk Bayur.

Baca Juga: Dukung Program Penurunan Stunting, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Terima Piagam Penghargaan dari Wako Padang

Koordinasi itu mencakup tim dari Kementerian Perhubungan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Lantamal II Padang dan Dinas Perhubungan Kota Padang.

Selain itu juga ke PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) selaku operator KM Sabuk Nusantara 68 yang melayani rute pelayaran dari Padang ke Pelabuhan Teluk Bayur dan kapal Mentawai Fast yang berada di Pelabuhan Muaro Padang.

"Di Pelabuhan Teluk Bayur sekarang sedang disiapkannya terminal penumpang untuk arus mudik lebaran dengan menggunakan 2 unit container office 40 feet dengan fasilitas yang disediakan diantaranya mushola, loket tiket penumpang, ruang laktasi, ruang tunggu penumpang dan toilet," kata Meidi Kusmana.

Baca Juga: Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Gelar Apel Bulan K3 Nasional Tahun 2023

Lebih lanjut ia menyebut, adapun rute dan jadwal KM Sabuk Nusantara 68 dibawah koordinasi PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) yakni dari dan ke Pelabuhan Teluk Bayur, Labuhan Bajau, Sikabaluan/Pokai, Muara Saibi/Subelen, Siberut/Mailepet, Peipei/Teluk Katurai, Tua Pejat, Painan/Penasahan, Sioban, Pasapuat, Sikakap, Sinakak.

Untuk di area Pelabuhan Muara Padang jadwal keberangkatan kapal Mentawai Fast dijadwalkan setiap hari selama bulan puasa hingga tanggal 20 April 2023, yang diperkirakan ada lonjakan arus mudik.

Namun terhitung mulai tanggal 21 April 2023 hingga 28 April 2023 kapal Mentawai Fast tidak beroperasi dan beroperasi kembali pada tanggal 29 April 2023 di Pelabuhan Muara Padang.

Baca Juga: Endorse Situs Judi Online, Gadis Kembar Asal Tanah Datar Diamankan Polda Sumbar

Adapun tujuan rute kapal Mentawai Fast yang berada di Pelabuhan Muara Padang yaitu dengan rute Padang-Tuapejat, Tuapejat–Padang, Padang-Sikabaluan, Sikabaluan-Siberut, Siberut-Padang, Padang-Sikakap, Sikakap-Padang.

Di Pelabuhan Muara Padang juga disediakannya mushola, loket tiket penumpang, ruang tunggu penumpang dan toilet.

"Peningkatan jumlah penumpang ini sejalan dengan telah dihapuskannya PPKM oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, yang tertuang dalam instruksi Mendagri nomor: 53 tahun 2022 sehingga mobilitas masyarakat Kota Padang yang berkegiatan ke Kepulauan sekitar seperti Kepulauan Mentawai, maupun sebaliknya ikut meningkat," tutup Meidi. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat