bdadinfo.com

Murah Meriah! Sewa Rusunawa Ini Cuma Rp10.000 per Bulan, Fasilitas Lengkap - News

Penghuni khusus rusun tersebut bisa tinggal dengan tarif sewa Rp 10.000 per bulan.

- Menteri Sosial Tri Rismaharini telah meresmikan Rusunawa Sentra Mulyajaya, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur yang diperuntukan bagi masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Rusun setinggi 5 lantai ini, terdiri dari 93 unit. Berdiri di atas lahan seluas sekitar 21.843 meter persegi.

Terdiri dari beragam fasilitas khusus yang disediakan dalam Rusunawa tersebut diperuntukkan warga lanjut usia (lansia) dan difabel.

Baca Juga: Demi UMKM Go Online, Rumah BUMN Dharmasraya Binaan PLN Workshop Pemasaran Digital melalui Market Place

Ada pula masyarakat yang bisa menghuni rusun tersebut dengan tarif sewa Rp 10.000 per bulan, yakni tunawisma, pengemis, pemulung, gelandangan, dan sebagainya.

Kepala Rusun Sentra Mulyajaya Muchyidin mengatakan, lima unit untuk lansia dan difabel sengaja disiapkan di lantai satu guna memudahkan mereka beraktivitas.

Rusun terebut hanya menggunakan tangga sebagai akses naik ke lantai berikutnya. Maka lansia dan difabel akan kesulitan untuk naik turun tangga, jika unit mereka ada di lantai atas.

"Rusun ini tidak punya lift. Mereka yang kondisinya tidak memungkinkan untuk naik dan turun tangga kami tempatkan di lantai satu," ucap Muchyidin.

Fasilitas lain yang dapat memudahkan lansia dan difabel untuk beraktivitas berada di jalur menuju pintu masuk utama.

Baca Juga: Wabup Tanah Datar Safari Ramadhan ke Jorong Cendrawasih, Masyarakat Minta Jalan Diaspal

Area perlintasan khusus sehingga warga yang beraktifitas menggunakan alat bantu bisa bergerak secara leluasa. Jalur ini memiliki pagar penjaga yang dapat dimanfaatkan para tunanetra maupun lansia dengan mudah saat beraktifitas.

Selain pintu masuk, pintu kamar mandi juga lebih luas. Dalam ruang kamar mandi unit lansia dan difabel juga ada pegangan pada posisi kanan dan kiri.

"Semua kamar mandi di rusun pakai kloset duduk, cuma untuk difabel dan lansia ada pegangan," lanjut Muchyidin.

Sementara itu, kamar tidur lansia sama seperti kamar tidur di unit lainnya yang memiliki kasur dengan ranjang tingkat. Pintu kamar yang digunakan jenis geser.

"Untuk kamar tidur, kalau difabel hanya satu kasur yang bisa untuk dua orang. Ada lemari pakaian satu," ucap Muchyidin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat