bdadinfo.com

Ini yang Buat Ganjar Pranowo Optimis Lobi Indonesia Bisa Diterima FIFA Saat Tolak Israel - News

Ganjar Pranowo ungkap alasan keyakinanan lobi indonesia ke FIFA diterima (Youtube@NajwaShihab)

- Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah akhirnya buka suara mengenai dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U20 oleh FIFA beberapa waktu lalu.

Sebagaimana yang diketahui, salah satu polemik pembatalan tersebut disinyalir akibat penolakan terhadap Israel yang menjadi salah satu peserta di piala dunia U20, yang mana penolakan tersebut disuarakan juga oleh Ganjar Pranowo.

Sedangkan Jawa Tengah, terkhususnya Kota Solo adalah salah satu venue tuan rumah piala dunia U20, bahkan pagelaran final dicanangkan di wilayah Ganjar Pranowo tersebut.

Baca Juga: Mengenal Pernikahan Adat Minang yang Kental dengan Hukum Adat dan Dilandasi Aturan Islam

Penolakan yang dilakukan Ganjar Pranowo itu tidak terlepas dari konstitusi negara Republik Indonesia yang menentang penjajahan oleh Israel terhadap palestina.

Selain itu, penolakan Ganjar Pranowo terhadap Israel juga tidak terlepas dari sejarah presiden Soekarno yang pernah juga melakukan hal yang sama, menolak keikutsertaan Israel dalam ajang olahraga internasional.

“Sebagai kader partai saya menyampaikan cerita bagaimana kesejarahannya, bagaimana kemudian potensi-potensi yang bisa merugikan kita. Maka kami dorong U20 bisa berjalan, bisa berjalan, bisa terselenggara tanpa Israel,” ucap Ganjar Pranowo, dilansir dari kanal Youtube Najwa Shihab, Selasa, 4 April 2023.

Baca Juga: Yuk Intip Sejarah Berdirinya Desa Wisata Kubu Gadang Padang Panjang Hingga Masuk 75 Besar ADWI 2023

Terkait hal tersebut, Ganjar Pranowo menyakini bahwa pemerintah maupun PSSI memiliki solusi-solusi ataupun terobosan untuk mengatasi persoalan itu, dengan harapan piala dunia U20 tetap terselenggara tanpa Israel.

Politikus PDI-Perjuangan itu menilai langkah-langkah seperti mangajak negara-negara tetangga dalam menjadi tuan rumah juga bisa menjadi salah satu solusi, ataupun upaya dari kemenlu untuk mendatangkan Israel namun tanpa bendera dan lagu kebangsaan.

Ganjar pun yakin bahwasanya kemenlu, menpora dan PSSI punya kemampuan untuk mengatasi hal-hal tersebut, sesuai dengan apa yang telah ditugaskan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadhan di Kota-Kota Sumatera Barat Hari ini, 4 April 2023

 

“Saya percaya karena waktu itu saya tahu Ketua PSSI yang juga menteri BUMN (Erick Thohir), Pak Erick ini kan dekat sekali (Gianni Infantino), jadi bisa nggak argumentasi itu disampaikan, betul-betul disampaikan,” jelasnya.

Menurutnya keikutsertaan Israel sebagai peserta piala dunia U20 ini merupakan sesuatu yang tak terprediksi, sebab proses biding tuan rumahnya berlansung pada tahun 2019, sebelum kualifikasi berjalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat