bdadinfo.com

One Day Together in The Hospital buat Peserta Lebih Dekat dengan BPJS Kesehatan - News

Program “One Day Together in The Hospital”.

- BPJS Kesehatan Cabang Padang terus melakukan berbagai upaya edukasi maupun sosialisasi seputar Program JKN kepada masyarakat luas. Salah satunya melalui Program “One Day Together in The Hospital”.

Ini merupakan program inovasi dari BPJS Kesehatan Cabang Padang yang memfokuskan kegiatan customer visit, sosialisasi Program JKN, informasi edukasi dan pengaduan, dan edukasi cara mengunduh dan memanfaatkan Mobile JKN.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga memberikan edukasi terkait antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN untuk pendaftaran peserta dalam mengakses fasilitas kesehatan, juga proses validasi data peserta JKN.

Kegiatan dilaksanakan pada saat peserta JKN menunggu antrean di poliklinik dan saat pengambilan obat di farmasi pada Semen Padang Hospital, Selasa (28/02).

Dalam kegiatan tersebut disampaikan juga kemudahan kanal pelayanan lainnya untuk peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan maupun layanan kepesertaan JKN.

“Kegiatan ini berlangsung berkat kolaborasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan manajemen rumah sakit, yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Harapannya, dengan sinergi yang dibangun dapat mengoptimalkan penyelenggaraan Program JKN di fasilitas kesehatan dan meningkatkan kepuasan peserta dengan memanfaatkan sumber daya kedua belah pihak. Sosialisasi ini diharapkan juga meluruskan pemahaman masyarakat sekaligus tenaga kesehatan tentang Program JKN. Nantinya, dapat disampaikan kepada keluarga, kerabat, atau kepada orang lain,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Yessy Rahimi saat dikonfirmasi oleh tim Jamkesnews.

Di samping itu, dalam sosialisasi Yessy menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan telah menyediakan kanal-kanal informasi digital dan manfaat dari Mobile JKN yang dapat diakses oleh siapa pun.

Termasuk antrean online yang dapat diakses peserta melalui Aplikasi Mobile JKN. Keberadaan layanan antrean online tersebut diharapkan peserta JKN semakin mudah dan menghindarkan masyarakat dari informasi yang keliru beredar di masyarakat.

“BPJS Kesehatan menyediakan kanal layanan yang dapat diakses oleh peserta JKN. Ada Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165 pada jam layanan dari jam delapan pagi sampai jam tiga sore waktu setempat, ada juga BPJS Kesehatan Care Center 165, Mobile Customer Service (MCS), juga ada Petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU) yang nomor kontaknya terpajang di setiap rumah sakit dan kanal lainnya. Inovasi dalam hal pelayanan kesehatan yang sedang kami galakkan sosialisasikan ke masyarakat adalah antrean online. Buka Aplikasi Mobile JKN daftar pelayanan Kesehatan di rumah sakit yang kita dirujuk dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” ujar Sari.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Corporate Communication Semen Padang Hospital, Dewi Nensi Putri mengapresiasi kegiatan “One Day Together in The Hospital” yang digelar BPJS Kesehatan tersebut.

Menurutnya kegiatan itu sangat bermanfaat bagi seluruh pasien dan tenaga kesehatan di rumah sakitnya. Ia pun menegaskan bahwa Semen Padang Hospital siap mendukung Program JKN dan melayani peserta JKN dengan baik.

“Program JKN itu harus didukung semua pihak, sesuai dengan tupoksinya masing-masing, Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menambah pemahaman peserta dan meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya kepada Peserta JKN. Semen Padang Hospital terus mendukung Aplikasi Mobile JKN. Beberapa langkah sudah kami lakukan, seperti kampanye dengan melakukan postingan di media sosial milik Semen Padang Hospital. Dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN, berobat ke fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah dan nyaman. Pasien JKN jadi tidak perlu menunggu berlama-lama di fasilitas kesehatan,” ujar Dewi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat