bdadinfo.com

Dinilai Tim Independen PPD, Pemkab Tanah Datar Gelar FGD Tentang 'Bombastis' - News

Focus Group Discussion (FGD) tentang Program 'Bombastis'

- Kegiatan Penilaian Tahap III Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD), yang digelar Kamis (6/4/2023), di Indojolito Batusangkar, dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD).

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Eka Putra memaparkan kembali Program Biaya Operasional Membajak Sawah Secara Gratis (Bombastis).

FGD dimoderatori Kepala Bappeda Litbang Alfian Jamrah, diawali dengan penyampaian perwakilan DPRD Tanah Datar disampaikan Wakil Ketua DPRD Anton Yondra.

"DPRD bersama pemerintah daerah sudah seiring sejalan dalam menentukan skala prioritas pembangunan. Dan Insya Allah, khusus Bombastis kita siap mendukung, karena kami melihat dampak dan manfaatnya yang sangat dirasakan bagi petani, terutama untuk pemenuhan alat untuk mengolah sawah," sampai anton.

Sementara itu Bappeda Provinsi Sumbar diwakili Fungsional Perencana Ahli Muda Hary Febri mengatakan, untuk Tanah Datar tidak diragukan lagi dalam mengikuti PPD ini.

"Memang Pemerintah Tanah Datar sudah terstandar secara baik dalam menyiapkan dokumen dan penunjang lainnya, sehingga menjadi terbaik setiap tahunnya di tingkat provinsi. Saya sarankan ke depan kepada Bappenas dibuat juga lomba khusus bagi daerah yang sering juara seperti Tanah Datar, sehingga daerah lain juga bisa bersaing di kelompok terpisah dengan daerah yang sudah sering juara," katanya.

Dikatakan Hari lagi, program Bombastis juga sejalan dengan Program Pemerintah Provinsi Sumatra Barat yang ingin menjadi sentra pertanian.

"Tanah Datar tidak hanya melaksanakan program Bombastis untuk mendukung produksi pertanian, namun Tanah Datar juga sudah menjalin kerjasama dengan daerah sekitar untuk hilirisasi atau penjualan hasil pertanian, seperti ke Pekanbaru, Jambi dan lainnya. Hal inilah yang patut diberikan apresiasi," sampainya.

Kemudian dalam diskusi dan penyampaikan dari Nasrizal dari Keltan Jorong Sitakuak Nagari Gurun Kecamatan Sungayang, Roza Espan dari Keltan Sawah Baruah Nagari Sumpur, LSM, LKAAM, Bundo Kanduang, Baznas, dan beberapa pihak lainnya menyampaikan dukungan atas pelaksanaan program Bombastis.

"Program Bombastis telah turut membantu kami dalam memangkas biaya operasional sehingga turut meningkatkan pendapatan kami para petani. Karena itu ke depan kami berharap program ini tetap dilanjutkan setiap tahun dan quota ditingkatkan lagi," sampai Nasrizal.

Turut hadir Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Staf Ahli Bupati, para Asisten, kepala OPD, Kabag, Kabid dan undangan lainnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat