bdadinfo.com

Prakiraan BMKG Terkait Gelombang Laut di Perairan Sumbar, Waspada! - News

Prakiraan BMKG Terkait Gelombang Laut di Perairan Sumbar, Waspada! (BMKG )

- Prakiraan BMKG terkait gelombang laut di Perairan Sumbar sudah dirilis berlaku hari ini, Jumat, 20 April 2023 hingga Sabtu, 21 April 2023.

Diprediksi terjadi gelombang laut mencapai 3 meter di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"*Waspada potensi peningkatan tinggi gelombang laut dengan ketinggian 2.00 - 3.00 meter berpotensi terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai," imbau BMKG.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Seluma Bengkulu Siang Ini, Ini Penjelasan BMKG

BMKG juga memprediksi ada potensi peningkatan tinggi gelombang laut dengan ketinggian 0.20 - 2.50 meter berpotensi terjadi di wilayah Perairan Utara Siberut dan Perairan Barat Kepulauan Mentawai.

Sementara kondisi cuaca secara umum berawan dengan potensi hujan berintensitas ringan di beberapa wilayah, dan angin diprakirakan bertiup dari arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan berkisar 1 - 8 knot.

BMKG memprediksi potensi tinggi gelombang laut dengan ketinggian 0.25 - 1.00 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Barat Sumatera Barat hingga Perairan Timur Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Lumajang Jawa Timur, Penting Penjelasan BMKG

"Potensi tinggi gelombang laut dengan ketinggian 0.20 - 2.50 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan utara Pulau Siberut dan Perairan Barat Kepulauan Mentawai," tulis BMKG.

BMKG juga memprediksi potensi tinggi gelombang laut dengan ketinggian 2.00 - 3.00 meter berpotensi terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai.

BMKG berharap masyarakat memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran diantaranya untuk perahu nelayan waspada ketinggian gelombang lebih dari 1.26 meter.

Untuk kapal tongkang waspada ketinggian gelombang lebih dari 1.50 meter.

Untuk kapal fery ketinggian gelombang lebih dari 2.50 meter dan kapal ukuran besar waspada ketinggian gelombang lebih dari 4.00 meter. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat