bdadinfo.com

Pemko Bukittinggi Lakukan Langkah Antisipasi Pohon Tumbang saat Hujan Badai - News

Kota Bukittinggi kerap dilanda hujan badai yang menyebabkan pohon tumbang, untuk itu Pemko Bukittinggi melakukann langkah antisipasi kejadian serupa (dok. BPBD Bukittinggi)

- Hujan deras disertai angin kencang meningkatkan potensi pohon tumbang di Kota Bukittinggi.

Pada Senin 8 Mei 2023 saja, pohon tumbang terjadi di tujuh lokasi saat Kota Bukittinggi diguyur hujan deras dan angin kencang.

Kalaksa BPBD Kota Bukittinggi, Ibentaro Samudera mengatakan, kemungkinan pohon tumbang masih dapat terjadi saat hujan deras dan angin kencang.

Baca Juga: Hujan Badai Terjang Kota Bukittinggi, BPBD Sebut Pohon Tumbang Terjadi di 7 Titik

"Pohon tumbang masih dapat terjadi, lokasi rawannya kemungkinan di ruas-ruas jalan utama yang ditumbuhi pohon besar," ujarnya kepada

Dari survey yang dilakukan BPBD Kota Bukittinggi, pohon-pohon besar yang berpotensi tumbang terdapat di Jalan Sudirman Bukittinggi dan Komplek Kodim 0304 Agam.

Atas dasar hal itu, BPBD Kota Bukittinggi berkoordinasi denga  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan langkah antisipasi pohon tumbang.

Baca Juga: Apes! Mobil Dinas Gubernur BA 1 Diusir dari Parkiran KPU Sumbar

Secara terpisah, Kepala Dinas DLH Kota Bukittinggi, Aldiasnur menyebutkan, dalam lamgkah antisipasi pohon tumbang, pihaknya telah rutin melakukan penanganan.

Ia menyebutkan, langkah antisipasi yang dilakukan DLH Kota Bukittinggi berupa pengurangan beban pohon dengan melakukan pemangkasan.

"Kita telah rutin merapikan pohon-pohon yang memiliki potensi tumbang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban yang ditanggung pohon agar tidak tumbang saat diterpa angin kencang," ucapnya.

Baca Juga: Tak Cuma Mobil Dinas BA 1 Diusir Bawaslu, Pendaftaran Caleg PKS Sumbar Ditolak KPU

Lebih jauh, Aldiasnur menjelaskan, pengurangan beban pohon itu dilakukan mengingat pohon-pohon besar yang tumbuh di ruas jalan memiliki kekuatan akar yang lemah.

"Beban kita kurangi agar akar masih mampu menahan pohon. Pohon-pohon besar itu kan berada di pinggir jalan, jadi akarnya tumpuh tidak seleluasa di hutan," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat