bdadinfo.com

Hebat! Ampiang Parak Kabupaten Pesisir Selatan Siap Jadi Nagari Tangguh Bencana - News

Tim Nagari Tangguh Bencana. (Kominfo Pesisir Selatan)





- Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan siap menjadi Desa Tangguh Bencana (Nagari Tangguh Bencana). Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Nagari Amping Parak, Yendri.

"Benar. Nagari Amping Parak siap menjadi nagari tangguh bencana. Ini juga tertuang dalam peraturan wali Nagari Amping Parak No 02 Tahun 2019 dan peraturan Nagari Amping Parak No 03 tahun 2019," katanya.

Untuk mendukung program tersebut, lanjutnya, pelatihan telah diberikan pada pelaku nagari tangguh bencana oleh BPBD, BNPB dan juga telah di bina oleh organisasi kemanusiaan Jerman selama tiga tahun (mulai 2017-2019)  yaitu ASB (arbeiter samariter bund).

Dikatakan, telah dibangunnya shalter di dengan landasan helikopter (heliport), kantor wali Nagari Amping Parak lantai dua dan masjid yang juga ada lantai duanya.

Baca Juga: Turun Gunung, PM Kamboja Meminta Maaf Terkait Insiden Bendera RI Terbalik ke Jokowi

Kemudian kelompok masyarakat Nagari Amping Parak juga ambil andil dalam kesiap siagaan becana dengan penanaman bakau (mangrove) di bibir pantai guna antisipasi gelombang. Begitu juga penanaman cemara laut sebagai mana benteng terpaan badai dan abrasi pantai.

Untuk rambu rambu evakuasi  telah terpasang di semua titik yang akan dilalui untuk menuju evakuasi akhir, tutupnya. ***



Terkini Lainnya

Tautan Sahabat