bdadinfo.com

Kian Produktif, Bank Sampah Pasia Nan Tigo Binaan PLN Kini Punya Galeri Sampah - News

Kian Produktif, Bank Sampah Pasia Nan Tigo Binaan PLN Kini Punya Galeri Sampah (Humas PLN )

- Kian produktif, Bank Sampah Pasia Nan Tigo binaan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar kini punya galeri sampah.

Pembangunan Galeri Sampah ini berkat bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UID Sumbar, Senin, 29 Mei 2023.

Galeri Sampah yang berlokasi di Desa Pasie Sabalah Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang diserahkan secara simbolis oleh Plh General Manager PLN UID Sumbar Armunanto kepada Ketua kelompok Bank Sampah Unit Pasia Nan Tigo Maivit pada Senin, 29 Mei 2023.

Baca Juga: Ayo Buruan Ikut! Program PLN Cinta 'Cicilan Tanpa Bunga' Masih Ada, Caranya Simak di Sini

Dan disaksikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon.

Turut hadir Kadis Pariwisata Yudi Indra Syani, Manager PLN UP3 Padang Yusuf Hadiyanto beserta jajaran, Manager Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial PLN UID Sumbar Yenti Elfina, serta Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang.

Ketua Kelompok Bank Sampah Pasia Nan Tigo, Maivita mengatakan, aktivis pengelola limbah sampah aktif melakukan inovasi untuk kemajuan bank sampah. Bank Sampah Pasia Nan Tigo sudah dibina PLN sejak 2022 lalu.

Baca Juga: Tinggal 1 Hari Lagi, Ayo Segera Manfaatkan Promo Harbelnas dari PLN

Tak hanya bantuan TJSL, kata Maivita, PLN juga memberikan pelatihan pemasaran, termasuk pemasaran melalui fitur Marketplace PLN Mobile dan melalui Rumah BUMN.

"Alhamdulillah PLN telah banyak mendukung kegiatan kami sejak tahun 2022 dan terus berlanjut hingga saat ini. Pembangunan galeri yang diberikan PLN akan dimanfaatkan untuk mempromosikan produk hasil olahan limbah sampah seperti gantungan kunci, tas, dompet, dan lain sebagainya untuk mendorong perekonomian masyarakat setempat," katanya.

Pada kesempatan itu, Armunanto mengatakan bahwa TJSL merupakan program komitmen PLN untuk selalu berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan baik bidang sosial, lingkungan, ekonomi, tata kelola prinsip yang lebih terintegrasi ataupun hukum.

Bantuan ini juga sebagai upaya mendukung salah satu program pembangunan berkelanjutan ke-8 (SDGs 8) yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh.

"Bantuan TJSL PLN Peduli Rp200 juta ini merupakan dukungan program lingkungan kelompok Bank Sampah Pasie Nan Tigo. Gunanya untuk penyediaan sarana prasarana galeri, pembangunan galeri serta biaya pelatihan anggota kelompok bank sampah,’’ tambahnya.

Bantuan ini merupakan yang kedua kalinya. Pertama diberikan pada tahun 2022 lalu oleh PLN UID Sumbar sebesar Rp50 juta berupa bantuan sarana prasarana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat