bdadinfo.com

Sah! Jokowi Resmikan Logo IKN Berbentuk Pohon Hayat Karya Aulia Akbar, Berikut Maknanya - News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama para pemenang sayembara seleksi logo resmi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 30 Mei 2023. (@jokowi - Twitter)

- Logo Ibu Kota Nusantara (IKN) akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui hasil seleksi dari para peserta yang mengikuti sayembara.

Peluncuran logo resmi IKN dilaksanakan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta pada hari Selasa, 30 Mei 2023.

"Temanya Pohon Hayat, pohon kehidupan. Logo IKN Karya Aulia Akbar ini terpilih berdasarkan hasil voting terbuka yang diikuti oleh lebih dari 500 ribu pemilih di seluruh Tanah Air," tulis Presiden Jokowi dalam akun Instagramnya, @Jokowi.

Baca Juga: Makin Gahar, Intip Big Bike Honda CB650R Nuansa Baru yang Dibanderol Rp291 Jutaan

Menurut keterangan postingan tersebut, Logo IKN karya Aulia Akbar itu mengandung filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN.

Makna logo IKN ini dimaknai dapat menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar serta majemuk.

Logo ini diharapkan dpat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan beserta ekosistemnya.

Baca Juga: Teknologi AI Disebut dapat Membahayakan Pilpres 2024, Analis Politik AS: Bisa Menyesatkan Publik!

Sementara itu, dilansir dari akun Instagram resmi IKN, logo pohon hayat itu terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia.

Selain itu, simbol pohon hayat juga diyakini sebagai sumber kehidupan dan kekayaan hayati yang melimpah di ekologi Indonesia.

"5 akarnya melambangkan Pancasila, 7 Batangnnya mewakili pula besar, dan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi," tulis akun resmi Instagram IKN, @ikn_id.

Baca Juga: Berikut Daerah di Indonesia yang Diprediksi akan Terkena Gempa Megathrust: Mentawai punya Potensi Besar!

Postingan Instagram tersebut juga memperlihatkan votingan kelima peserta, dimana Aulia Akbar menang dengan perolehan suara sebanyak 26,6 persen.

Posisi kedua diraih Agra Satria dengan perolehan suara 25,7 persen, dan posisi ketiga diraih Dimas Fakhruddin dengan perolehan 17,7 persen.

Sementara itu, Wildan Ilham menduduki posisi ke-4 dengan perolehan 15,9 persen, dan terakhir Ismiaji Cahyono dengan perolehan 14,1 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat