bdadinfo.com

Antisipasi Ancaman Potensi Gempa Megathrust, Siapkan Tas Siaga Bencana dengan Perlengkapan Penting Berikut - News

Ilustrasi gempa megathrust (Pixabay.com/Kiwi_Lisa )

– Letak geografis Indonesia yang berada pada pertemuan banyak lempeng membuat wilayah Indonesia memang rentan mengalami gempa mulai dari skala magnitudo kecil hingga besar.

Beberapa waktu lalu pun ramai diperbincangkan mengenai adanya ancaman potensi gempa megathrust yang mengancam beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi terjadinya gempa megathrust. Masyarakat harus memiliki kesiapan mitigasi yang matang, salah satunya dengan siapkan tas siaga bencana yang diisi dengan sejumlah perlengkapan penting.

Baca Juga: Bukan Hanya Mentawai Megathrust, Gempabumi dari Zona Sesar Sumatera Mengintai Beberapa Wilayah di Sumbar

Perlengkapan dan barang yang dibawa nanti diperhitungkan sebagai barang bawaan yang berguna jika sewaktu-waktu gempa terjadi.

Tas siaga bencana ini juga tidak terbatas untuk menanggapi terjadinya bencana gempabumi, melainkan juga bisa disiapkan untuk mengantisipasi potensi bencana lainnya seperti banjir, kebakaran, tanah longsor, dan bencana-bencana lainnya.

Sejumlah barang yang sebaiknya ada di dalam tas siaga bencana di antaranya adalah:

  1. Dokumen penting

Surat-surat penting seperti contohnya surat tanah, surat kendaraann, ijazah, akta kelahiran, dan dokumen lainnya.

  1. Keperluan sandang

Misalnya seperti pakaian dalam, celana panjang, jaket, selimut, handuk, jas hujan yang akan membantu tubuh kita tetap terlindungi ketika berada di luar ruangan minimal untuk tiga hari pasca bencana terjadi.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sagitarius Hari Ini, Kamis 1 Juni 2023: Insting Kuat Akan Membawamu pada Peluang Baru

  1. Makanan ringan

Makanan yang disiapkan jika memungkinkan adalah makanan ringan yang tahan lama contohnya seperti makanan instan seperti mi, biscuit, cokelat, abon, susu kemasan dll.

  1. Air minum

Sama halnya dengan keperluan sandang, keperluan air minum juga sebaiknya disiapkan untuk waktu selama kurang lebih tiga hari.

  1. Kotak P3K

Kotak P3K ini tentu saja berisi obat-obatan pribadi jika diri sendiri atau orang terdekat punya riwayat penyakit tertentu.

Selain itu juga penting untuk menyediakan obat-obatan umum lainnya seperti penurun panas atau pereda nyeri dan vitamin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat