bdadinfo.com

Ada Apa Saja yang Terjadi di Tanggal 7 Juni? Cek Ulasannya di Sini - News

Ulasan yang terjadi tanggal 7 Juni, pemilu pertama era reformasi

- Tanggal 7 Juni pada tahun 2023 jatuh pada hari Rabu. Pada hari ke-158 dalam kalender gregorian ini, ada apa saja ya yang terjadi?

Sebuah sejarah dunia lahir pada tanggal 7 Juni 1494, yakni disetujuinya Perjanjian Tordesillas oleh Spanyol dan Portugal atas prakarsa Paus Alexander VI.

Lahirnya Perjanjian Tordesillas pada 7 Juni 1494, karena terjadinya persaingan dalam memperebutkan daerah kekuasaan di luar Benua Eropa.

Baca Juga: Jejak Karir Mochtar Pabottingi, Dari Pindah Jurusan Hingga Menjadi Pengamat Politik

Sebagaimana yang diketahui, Spanyol dan Portugal atau yang juga dikenal dengan Portugis, pada masa silam diketahui sebagai bangsa penjelajah. Salah satu buktinya, yaitu Vasco da Gama yang melakukan penjelajahan ke Asia.

Jangan lupakan juga penjelajah lainnya yang masyhur menemukan Amerika, yaitu Cristoforus Columbus atau Christopher Columbus yang menyeberangi Samudra Atlantik untuk kemudian sampai di tanah Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492.

Persaingan antara Spanyol dan Portugal terus terjadi dalam upaya menanamkan pengaruhnya pada dunia baru untuk menjadi koloni mereka.

Baca Juga: Wah Mahfud MD Blunder Nih Soal Syarifah Fadiyah Fitnah Kantor Polisi, Mana Klarifikasimu Pak

Persaingan yang tidak berkesudahan akhirnya membuat Kepausan turun tangan dengan menginisiasi Perjanjian Tordesillas pada 7 Juni 1494, untuk mencegah terjadinya konflik serius di kemudian hari.

Perjanjian Tordesillas akhirnya melahirkan solusi pembagian dunia menjadi dua. ‘Dunia baru’ dibagi dua dengan garis pemisah yang ditarik sejajar dengan garis bujur dari Kepulauan Azores.

Garis pemisah tersebut memposisikan bahwa sebelah barat dari garis pemisah diberikan ke pada Spanyol, termasuk Amerika, apalagi penjelajahan Columbus hingga ke sana dibiayai oleh Kerajaan Spanyol.

Baca Juga: Nurul Cantik Tiba-tiba jadi Sorotan Netizen Dikaitkan dengan Muhammad Gempa Awaljon Putra 

Portugal alias Portugis mendapatkan jatah di sebelah timur dari garis pemisah yang sudah ditetapkan, termasuk daerah Brasil dan wilayah-wilayah Asia yang sibuk dengan perdagangan rempahnya.

Komnasham Resmi Ada di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat