bdadinfo.com

Menteri Basuki Sebut Perbaikan Rumput JIS Akan Telan Anggaran Hingga Rp6 Miliar Agar Sesuai Standar FIFA - News

Menteri Basuki Sebut Perbaikan Rumput JIS Akan Telan Anggaran Hingga Rp6 Miliar Agar Berstandar FIFA (Instagram @jakintstadium)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tinjau langsung Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa, 4 Juli 2023. Peninjauan itu dilakukan untuk membahas rencana renovasi terhadap stadion tersebut.

Pak Bas, sebutan akrab Menteri PUPR, meskipun JIS adalah stadion yang sangat bagus namun salah satu infrastruktur vital yang harus diganti adalah rumput, ia mengatakan bahwa perbaikan rumput akan telan anggaran hingga Rp6 miliar.

Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli rumput mengatakan bahwa rumput stadion JIS tak memenuhi standar internasional dari FIFA.

Baca Juga: Tinjau JIS, Jokowi dan FIFA Instruksikan Erick Thohir untuk Prioritaskan Perbaikan Infrastruktur Stadion

Ahli rumput tersebut merupakan ahli yang sebelumnya juga sudah mengevaluasi sebanyak 22 stadion, termasuk di antaranya memasang rumput GBK untuk perhelatan Asian Games yang mana sudah tidak lolos standar FIFA kalau dengan kondisi saat ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa untuk perbaikan hanya untuk rumput akan menelan biaya yang cukup besar yakni sebanyak Rp6 miliar.

Pergantian rumput yang membutuhkan anggaran besar itu untuk mengganti seluruh atau satu lapangan rumput yang ada di JIS.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Produk Ilegal yang Berbahaya, Begini Cara Cek Produk Obat dan Makanan Menurut BPOM

Untuk jadwal atau waktu penggantiannya diperkirakan sudah bisa selesai sebelum gelaran Piala Dunia U-17 2023 mendatang.

"Rumput butuh Rp6 miliar satu lapangan anggarannya dari PUPR. Kita akan ganti semua rumput tersebut," katanya lebih lanjut.

Ketum PSSI, Erick Thohir, juga menyampaikan bahwa selain mengganti rumput ada beberapa hal lain yang juga harus dievaluasi dan segera diperbaiki.

Baca Juga: Kabar Baik! Setelah Sempat Ditangguhkan, Kini Akun Twitter Resmi KAI Sudah Normal Kembali

Misalnya seperti akses keluar masuk untuk penonton. Hal ini bertujuan agar JIS juga bisa segera memenuhi standar FIFA.

"Tentu sesuai dengan prioritas bahwa kita ingin memastikan suporter pulang dengan selamat. Sejak awal saya selalu bicara tentang akses-akses," ujar Erick dilansir pada laman pssi.org.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat