bdadinfo.com

Ketua TP-PKK Agam Paparkan Peranan PKK dalam Sukseskan Program Dashat - News

Ketua TP-PKK Agam Paparkan Peranan PKK dalam Sukseskan Program Dashat (amcnews.co.id)

- Program PKK untuk menciptakan generasi penerus yang unggul dan sehat serta bebas stunting terus dilakukan dengan mewujudkan kesehatan keluarga.

Kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat. Hal ini disampaikan oleh Ketua TP-PKK Agam, Ny Yenni Andri Warman.

Saat menjadi narasumber dalam kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat di kampung keluarga berkualitas (KB) di aula kantor Camat Tanjung Mutiara, pada Rabu (12/7).

Baca Juga: Hadiri Jambore Kader PKK Berprestasi Kota Pariaman Tahun 2023, Rieke Diah Pitaloka Motivasi Kader PKK

Menurut Ny Yenni, TP-PKK memiliki peran penting dalam menggerakkan program "dashat" secara berjenjang, mulai dari TP-PKK Pusat hingga kelompok Dasawisma. 

Salah satu program yang dicanangkan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah "dapur sehat atasi stunting" (dashat), yang merupakan upaya percepatan penurunan kasus stunting.

Dalam program tersebut, TP-PKK berperan dalam menyampaikan penyuluhan, memotivasi keluarga penggerak, dan melakukan pencatatan sederhana. 

 Baca Juga: Wawako Mardison Buka Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kota Pariaman Tahun 2023

Di tingkat Dasawisma, PKK aktif dalam melakukan sosialisasi dan edukasi tentang perbaikan gizi serta konsumsi pangan yang sehat bagi ibu hamil dan menyusui.

Ny Yenni Andri Warman juga memberikan pelatihan cara mengolah bahan makanan siap saji yang sehat, yang akan didistribusikan kepada anak-anak stunting atau keluarga yang berisiko mengalami stunting.

Ia juga mengajak seluruh kelompok Dasawisma untuk mendukung program "dashat".

"Mari kita lawan stunting dengan mewujudkan dapur sehat anak stunting di setiap kelompok Dasawisma yang ada di Kabupaten Agam," kata Ny Yenni.

Dengan adanya program "dashat", diharapkan angka prevalensi stunting di Kabupaten Agam dapat berkurang. 

Ny Yenni Andri Warman berharap bahwa melalui program "dashat" ini, masalah stunting pada anak dapat diatasi dengan lebih mudah dan efektif. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat