bdadinfo.com

Kisah Tragis Suku Mentawai: Pernah Dijajah Asing dan Pemerintah Sendiri Hingga Terancam Punah - News

Potret Suku Mentawai.  (dok. ITRIP)

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Di daerah tersebut, masih terdapat suku yang sudah berusia ribuan tahun, yakni Suku Mentawai.

Suku Mentawai menjadi salah satu suku tertua di Indonesia. Diperkirakan mereka telah eksis di wilayah Provinsi Sumatera Barat tersebut sejak tahun 2000 – 500 SM.

Namun serangkaian penjajahan yang dilakukan Belanda, Jepang bahkan Pemerintah Indonesia sendiri membuat populasi Suku Mentawai saat ini kian menipis.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Museum Kereta Api Ambarawa, Sumbar Juga Punya Wisata Kereta Uap Rute Sawahlunto-Muaro Kalaban

Dilansir dari laman sukumentawai.org, berikut kisah tragis eksisnya Suku Mentawai yang lokasi kepulauannya berada di luar Pulau Sumatera tersebut.

Kepulauan Mentawai terdiri dari sekitar 70 pulau. Pulau-pulau terbesar meliputi Kepulauan Mentawai Utara, Pagai Selatan, Sipora, dan Siberut.

Suku Mantawai tersebar di pulau-pulau besar tersebut, namun ada juga yang mendiami pulau-pulau kecil lainnya.

Leluhur Suku Mentawai diperkirakan bermigrasi ke lokai tersebut pada 2000 sampai 500 tahun sebelum masehi, sesuai catatan John Crisp di tahun 1799.

Baca Juga: Relakan Kepergian Andre Onana, Inzaghi Percaya Inter Tetap Kompetitif

Penjajah asing pertama yang datang ke lokasi kediaman Suku Mentawai diketahui adalah Inggris yang mendarat sekitar tahun 1700 masehi.

Orang-orang Inggris ini mendirikan pemukiman pertanian lada di sebuah pulau selatan Pagai Selatan.

Belanda lalu datang pada tahun 1824 masehi. 40 tahun berselang, lewat penandatanganan kontrol Sumatera dan Semenanjung Malaya, mereka mengklaim kepulauan Mentawai di bawah kedaulatan Hindia Timur.

Meski begitu, menurut catatan Bakker (1999), Suku Mentawai merasa mendapat keadilan dalam perdagangan dan dibebaskan menjalankan adat budaya.

Baca Juga: Mekar Sempurna! Bunga Bangkai Langka Ditemukan Tumbuh di Sumbar: Tingginya Capai 212 Cm

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat