bdadinfo.com

Mengintip Keindahan Lembah Harau, Dataran Luas yang Dikelilingi Bentangan Tebing Batuan Alam di Sumatera Barat - News

Mengintip Keindahan Lembah Harau, Dataran Luas yang Dikelilingi Bentangan Tebing Batuan Alam di Sumatera Barat/Parboaboa


- Provinsi Sumatera Barat memiliki kekayaan wisata alam yang memukau dan bisa menjadi pilihan untuk tujuan destinasi wisata untuk liburan.

Salah satunya Lembah Harau yang berada di sekitar 15 kilometer dari Kota Payakumbuh dengan panorama yang memikat.

Kawasan wisata alam ini sangat memikat para wisatawan, bukan hanya lokal namun juga mancanegara hingga para backpacker.

Lembah Harau berada di sekitar 145 kilometer dari pusat Kota Padang atau sekitar 15 kilometer dari Kota Payakumbuh.

Wisata alam yang memiliki dataran luas yang dikelilingi bentangan tebing batuan alam membentuk keindahan panorama Lembah Harau.

Ditambah tebing terjal di bukit-bukit yang mengelilinginya, seolah seperti dinding raksasa yang mengepung lembah di bawahnya.

Baca Juga: Deretan Lokasi Eksotis di Sumatera Barat yang Dilalui Jalan Tol Padang-Sicicin Jika Rampung Nanti

Dinding tersebut menjulang tinggi dan memiliki tinggi kurang lebih 200-400 meter, sehingga menciptakan pola bayangan yang menarik untuk disaksikan pada pagi dan sore hari.

Dilansir dari Indonesiakaya.com, menurut Pak Mawardi, salah satu guide lokal, kawasan Lembah Harau memiliki sejumlah air terjun alam.

Memiliki 6 air terjun telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Salah satunya adalah Air Terjun Sarasah Jambu, yang lokasinya paling dekat dengan gerbang masuk dari arah Payakumbuh.

Lalu ada Air Terjun Akar Berayun yang menjulang setinggi 200 meter dan posisinya paling dekat dengan area parkir pengunjung.

Kalian bisa membiaskan warna pelangi yang indah saat musim kemarau. Lalu aktivitas lainnya yang bisa dilakukan oleh wisatawan saat mengunjungi harau adalah trekking melewati jalan setapak menanjak di sisi tebing.

Baca Juga: Roti Randang Ninur, Inovasi Makanan Tradisional Rendang yang Disulap menjadi Versi Modern

Kurang lebih memerlukan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam jika melewati perjalanan ini dan Jalur trekking ini masih berhubungan dengan kawasan Kelok 9.

Dimana jalur tersebut merupakan jalan raya penghubung Provinsi Sumatera Barat dan Riau dengan panorama sekelilingnya yang indah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat