bdadinfo.com

Terjadi Longsor di Tanjung Sani Agam, 27 Rumah Terkena Dampak dan 1 Korban Meninggal Dunia - News

Update Terbaru! Longsor Tanjung Sani 27 Rumah Terkena Dampak, 1 Korban Meninggal Dunia, 1 Belum Ditemukan/ Amcnews.co.id

 

- Sejumlah rumah di Kecamatan Tanjung Raya, terkena dampak material longsor yang terjadi pada Kamis 13 juli 2023 malam. 
 
Pasangan suami istri dilaporkan menjadi korban bencana tersebut. Informasi ini telah dikonfirmasi oleh Kalaksa BPBD Agam, Bambang Warsito pada Jumat, 14 Juli 2023.
 
Dalam kejadian ini, dua warga Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani awalnya dilaporkan hilang.
 
Namun, satu di antara mereka ditemukan meninggal dunia.
 
Korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal adalah Radi St Mudo (54), sementara Rina (50) masih dalam pencarian.
 
Berdasarkan informasi sementara, BPBD mencatat bahwa kejadian tanah longsor terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Tanjung Raya.
 
 
Salah satunya adalah Tanah Sirah, Jorong Muko-Muko, Nagari Koto Malintang, di mana material longsor menutupi akses jalan sebanyak 11 titik dengan panjang mencapai 80 meter dan ketinggian mencapai 2 meter
 
Selain itu, rumah milik Muliadi (43) juga terkena dampak material longsor di lokasi tersebut.
 
Di Jorong Alai, Nagari Koto Malintang, material longsor juga menutupi akses jalan ruas provinsi Lubuk Basung-Bukittinggi. 
 
Dua unit warung, ikut terkena dampak material tersebut.
 
Sementara di Jorong Sungai Tampang, Nagari Tanjung Sani, material longsor menutupi akses jalan sebanyak 5 titik. 
 
Selain itu, TPQ Musala dan 14 unit rumah warga, juga terdampak material longsor di lokasi tersebut. Akibatnya, warga sekarang mengungsi ke SD 25 Sungai Tampang, rumah tetangga, dan rumah keluarga terdekat.
 
 
Di Jorong Sigiran, Nagari Tanjung Sani, material longsor menutupi akses jalan sebanyak 4 titik, dengan panjang mencapai 80 meter dan ketinggian mencapai 3 meter. Tujuh unit rumah warga juga terdampak material longsor di sana.
 
Terakhir, di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, material longsor menutupi akses jalan sepanjang 100 meter dengan tinggi 5 meter. Tiga unit rumah warga ikut terkena dampak material tersebut.
 
Bencana ini telah menyebabkan kerugian materiil dan kehilangan nyawa.
 
Pihak berwenang bersama tim penanggulangan bencana, sedang berupaya melakukan evakuasi dan pemulihan di lokasi-lokasi terdampak. 
 
Masyarakat diimbau, untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang serta menjaga keselamatan diri dan keluarga. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat