bdadinfo.com

Tidak Banyak yang Tahu Ulama dari Sumbar ini Ilmunya Disejajarkan dengan Para Wali Songo di Tanah Jawa - News

Ulama asal Sumatera Barat Padang Pariaman, Ungku Saliah.  (Shopee)

- Provinsi Sumatera Barat sejak dari dahulu dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang punya budaya yang erat dengan agama terutama agama Islam. Padang atau Sumatera Barat dikenal memiliki banyak tokoh ulama penyebar agama Islam.

Sejak dahulu, sebagian masyarakat Indonesia rela datang dari daerah masing-masing untuk merantau dan menimba ilmu kepada para ulama dan sekolah-sekolah agama yang ada di Sumatera Barat, termasuk kepada salah satu ulama yang akan kita bahas dibawah ini.

Ulama ini seringkali dipercaya oleh masyarakat Sumatera Barat sebagai ulama yang ilmu agamanya sejajar dengan yang dimiliki oleh para Wali Songo yang juga menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Baca Juga: Sumatera Barat Punya Banyak Masjid Megah dan Indah, Ini Harapan dan Kekhawatiran Warganya

Ulama tersebut dikenal sebagai Ungku Saliah, atau Syaikh Kiramatullah Ungku Saliah yang merupakan tokoh ulama penyebar agama Islam di tanah Minang khususnya di daerah Padang Pariaman.

Masyarakat Padang Pariaman begitu menghormati sosok Ungku Saliah, para warga setempat begitu mengagumi tokoh yang juga seorang guru dalam agama Islam. Mereka meyakini bahwa ilmu Ungku Saliah setara dengan Wali Songo yang lebih dikenal masyarakat.

Orang-orang Padang Pariaman percaya jika Ungku Saliah sangat dekat dengan Allah S.W.T sehingga ulama Ungku Saliah diberikan beberapa karomah luar biasa dari Sang Ilahi semasa hidupnya.

Baca Juga: Yuk Berkenalan dengan Tomat Top: Minuman Istimewa dan Legendaris dari Sumatera Barat

Masyarakat Padang Pariaman meyakini jika Ungku Saliah bisa memprediksi atau mengetahui sesuatu hal yang belum terjadi atau baru akan terjadi beberapa saat dimasa mendatang.

Ungku Saliah juga dipercaya dapat membantu masyarakat dengan menyembuhkan berbagai macam penyakit hanya dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar beliau.

Sering kali Ungku Saliah menggunakan bebatuan atau daun-daun yang ditemuinya untuk mengobati penyakit dari masyarakat setempat. Mereka meyakini kedekatan beliau dengan Allah membuatnya memiliki beberapa karomah luar biasa.

Baca Juga: Mengapa Orang Minangkabau Memiliki Nama-nama Unik ? Ini Penjelasannya

Ungku Saliah juga dikenal sebagai seorang yang berpengetahuan luas terkait bidang agama karena semasa hidupnya dikenal sebagai murid yang rajin mempelajari ilmu agama utamanya Madzhab Imam Syafi’i.

Begitu dihormatinya Ungku Saliah oleh masyarakat Padang Pariaman sehingga tidak jarang foto beliau dipajang di tempat usaha yang mereka miliki dan makam Ungku Saliah selalu dipenuhi dan dikunjungi oleh peziarah yang mendoakan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat