bdadinfo.com

Mengenal Batangeh, Perawatan Kecantikan Tradisional dari Suku Minangkabau - News

Batangeh, perawatan kecantikan tradisional dari Suku Minangkabau (Pexels)

- Indonesia merupakan negara yang kaya sumber alam maupun budayanya. Salah satunya adalah soal perawatan kecantikan.

Ternyata ada beragam perawatan kecantikan tradisional di Indonesia, salah satunya hadir dari Minangkabau, yakni Batangeh.

Batangeh merupakan spa tradisional suku Minangkabau dengan cara merebus air dan rempah-rempah di dalam tungku dan diletakkan di kursi.

Baca Juga: Detik-detik Pemadaman Api di Gedung K Ling Tower yang Terbakar di Jalan Gatot Subroto Jakarta

Kemudian, orang yang akan melakukan spa, duduk di atas kursi tersebut dengan ditutup kain sarung atau tikar.

Tak hanya dengan merebus, rempah juga bisa diuapkan langsung. Caranya adalah rempah dimasukkan ke dalam panci yang telah dipanaskan dengan uap buatan pada suhu yang telah ditentukan.

Bukan hanya untuk kecantikan tradisional saja, masyarakat Minang juga menggunakan perawatan tradisional tersebut untuk mengobati orang yang sakit atau merawat orang yang baru sembuh dari sakit.

Ya, diketahui Batangeh bukan hanya bisa menjaga kecantikan tubuh saja, tetapi juga bisa menyegarkan dan membersihkan tubuh.

Baca Juga: Menggunakan Bentuk Aljabar, Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 22 Kurikulum Merdeka: Mari Kita Periksa 2

Untuk melakukan Batangeh, rempah yang digunakan adalah daun sirih, daun limau purut, buah daun purut, daun siliwangi, kayumanis, daun pandan, jahe, serai, bunga kenanga, daun ringan-ringan, dan daun bunga mawar.

Namun, tak semua rempah harus ada untuk direbus atau diuapkan. Kita bisa menggunakan sebagian rempah sesuai dengan khasiat yang kita inginkan.

Berapa lama kita melakukan Batangeh? Kita bisa melakukannya selama 10-15 menit. Batangeh juga bisa dilakukan setiap hari atau saat kita sedang ingin menyegarkan tubuh.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat